Beranda Headline Kolaborasi Saman dan Jazz Pukau Penonton

Kolaborasi Saman dan Jazz Pukau Penonton

BERBAGI

Sutama Muhammad | DETaK

Darussalam – Kolaborasi Saman dan Jazz yang di gelar Malam Minggu, (7/12/2013) di gedung AAC Dayan dawood Unsyiah memukau penonton. Pantauan detak-unsyiah.com penonton yang memadati gedung tersebut hampir tidak ada lagi kursi yang tersisa. Kolaborasi Tari Saman Gayo dan Jazz tersebut merupakan rangkaian acara dari Pelantikan Pengurus Himpunan Pemuda Mahasiswa Gayo Lues (Hipemagas) periode 2013/2014 Banda Aceh.

Ketua panitia, Basrul mengatakan bahwa acara pelantikan kali ini lebih menonjolkan Saman sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari daerah mereka. “Selain kami menampilkan Saman kami juga menampilkan seni-seni lain yg berasal dari Gayo Lues , seperti tari Bines dan tari-tari kreasi lainnya,” terangnya.

IKLAN
loading...


“Kolaborasi Saman Gayo dan Jazz ini merupakan jawaban bagaimana dua karya seni dunia bertemu dalam satu panggung, untuk satu irama, satu dunia, dan satu sejarah,” ujarnya lagi. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan para musisi Jazz nasional seperti Adi Darmawan, Daud Debu, dan musisi-musisi jazz lainnya.

Salah seorang pengunjung, Ichal mengaku penasaran awalnya, “saya penasaran bagaimana bisa Tari Saman Gayo ini di kolaborasikan dengan musik Jazz yang berasal dari Amerika, namun setelah saya lihat penampilan mereka, benar-benar mengagumkan,” jelasnya. Acara ini ditutup dengan penampilan band Jazz mahasiswa Gayo di Banda Aceh.[] (foto: Sutama Muhammad/ DETaK)

 

ok

ok2

ok4

ok1

 

ok4