Beranda Headline Ayo Simak, Prosedur Seleksi Beastudi Etos 2014

Ayo Simak, Prosedur Seleksi Beastudi Etos 2014

BERBAGI
etossurabaya.com/ DETaK

Siaran Pers | DETaK

etossurabaya.com/ DETaK
Sumber: Etossurabaya.com

Banda Aceh – Beastudi Etos  adalah salah satu jejaring Dompet Dhuafa yang bergerak di bidang pendidikan berupa program investasi Sumber Daya Manusia (SDM). Program kependidikan ini fokus pada pembinaan, pendampingan dan pemberdayaan mahasiswa untuk Indonesia unggul dan berdaya. Beastudi Etos tersebar di 13 wilayah dan 15 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Se-Indonesia termasuk salah satunya di Aceh, yakni Universitas Syiah Kuala.

Beastudi Etos saat ini telah mempunyai penerima manfaat sebanyak 399 orang dan 477 alumni. Penerima manfaat Beastudi Etos selanjutnya disebut sebagai Etoser. Setiap peserta yang mendaftar seleksi beastudi Etos harus melewati empat tahap seleksi agar bisa menjadi seorang Etoser. Tahap-Tahap Seleksi tersebut adalah Seleksi Administrasi, Seleksi Tulis dan Wawancara, Home Visit, dan lolos di PTN dan jurusan yang direkomendasikan Beastudi Etos melalui jalur regular.

IKLAN
loading...


Persyaratan Umum untuk mengikuti seleksi Beastudi Etos adalah setiap peserta yang Lulus SMA/sederajat dan akan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Ujian Mandiri Jalur regular dan diterima pada PTN dan jurusan yang direkomendasikan Beastudi Etos. Sedangkan persyaratan khusus bagi peserta yaitu berasal dari keluarga tidak mampu dengan  melampirkan surat keterangan tidak mampu dan slip gaji/surat keterangan penghasilan orang tua dari ketua RT/DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) setempat.

Persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya; peserta mengisi Biodata Pendaftar dan menandatangani akad Beastudi, fotokopi raport SMA semester 1-5, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu pelajar, dan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) bagi yang telah lulus SMA/sederajat. Selain itu, peserta beastudi Etos juga harus melampirkan surat rekomendasi dari sekolah, foto terbaru 4 x 6, 2 lembar, foto rumah (tampak keseluruhan, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur) dan membuat tulisan tentang kisah perjalanan hidup sepanjang minimal 2 halaman folio (tulis tangan).

Setiap Etoser menerima bantuan pendidikan berupa biaya pendidikan selama 8 semester (4 tahun), berupa uang saku sebesar Rp. 500.000 per bulan, support prestasi dalam dan luar negeri, dan bantuan biaya penelitian skripsi. Selain itu, Etoser juga akan mendapat fasilitas  akomodasi asrama selama tiga tahun yang mana asrama itu merupakan media pembinaan dan pendampingan intensif  para etoser guna mencetak pribadi dan komunitas produktif.  Asrama juga dikelola untuk meningkatkan kebersamaan dan loyalitas etoser dan menjadi bagian dari sistem kerja utama program Beastudi Etos, serta Etoser menerima Pelatihan, pembinaan dan pendampingan  selama 4 tahun.

Bagi Etoser juga akan diberikan pembinaan. Secara umum ada tiga bagian pembinaan, yaitu pembinaan asrama (harian), pembinaan rutin (pekanan) dan pembinaan nasioal (tahunan). Pelatihan, pembinaan dan pendampingan ini dilakukan berdasarkan kurikulum berbasis karakter dan potensi individu guna pengembangan prestasi.

Semua persyaratan dikirim atau diantarkan langsung ke Asrama Beastudi Etos Aceh dengan alamat Jalan Rukoh Utama No. 71 desa Rukoh, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, 23111 (Depan MAN Rukoh) hingga tanggal 30 April 2014. Mengenai formulir biodata dan akad penerima, serta Informasi lebih lengkap bisa ditemukan di asrama Beastudi Etos Aceh ataupun dengan mengunjungi website www.beastudiindonesia.net serta facebook Beastudi Etos Aceh atau  085261651218/085262835994.[]

Editor: Hilda Rahmazani