Beranda Feature Sejumput Cerita dari Tanah Deli

Sejumput Cerita dari Tanah Deli

BERBAGI

Iqbal Perdana | DETaK

Rumah Bolon dan Jabu Siaporeng (Dok. panitia)

Kapal penumpang Lopo Parindo seakan terbalik ketika mengarungi Danau Toba dari Parapat menuju Pulau Samosir, akhir September lalu. Hembus angin kencang ditambah gelombang relatif tinggi memaksa nahkoda merangkakkan kapal ayal. Puluhan orang yang menumpangi kapal itu buncah ketika lambung kapal dihantam ombak tanpa henti. Ada yang berteriak, masam muka, juga tak acuh dengan keadaan.

Kapal itu berlantai dua,lengkap dengan puluhan kedera yang senyawa dengan lantai. Toilet hanya ada di lantai 1, sedang ruang nahkoda bekerja bertempat di muka kapal. Tempat favorit para pelancong adalah buritan lantai dua; bangku dilekatkan pada lantai dan dinding kapal, setengah tanpa atap. Hingga hamparan bukit Samosir dan biru air Danau Toba dapat dipandang para penumpang sepuas-puasnya.

Iklan Souvenir DETaK

Dari Parapat, Samosir terasa begitu dekat. Bahkan tulisan “Horas Samosir” di sisi timur pulau itu terlihat jelas. Tulisan itu tak ubahnya pohon-pohon yang disusun sedemikian rupa oleh penduduk setempat untuk menyapa para petandang.

Lopo Parindoakhirnya bersandar di dermaga Tomok siang tanggung setelah satu jam mengarungi perairan Danau Toba, Parapat-Samosir. Di dermaga, ParlindunganSitumorang, salah seorang guide asli Samosir sudah menunggu 10 menit.

“Horas,” sapanya.

Puluhan penumpang yang tergopoh saat turun dari kapal seakan tersihir oleh Parlin, sapaan guide tersebut.

“Horas,” sahut penumpang serentak.

Kala itu, yang meramaikan Lopo Parindo adalah mahasiswa pegiat pers se-Indonesia, di antaranya dari Aceh, Riau, Medan, Yogyakarta, Bali, dan Makassar. Mereka yang lulus seleksi akan diberi kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Andreas Harsono dan Chik Rini di Parapat selama lima hari.

Parlin sudah 17 tahun bekerja sebagai pemandu lepas, ia begitu ulung menjelaskan desa Tomok kepada kami. Kami melanglang seisi desa sebelum bertandang ke tiga situs sejarah Pulau Samosir; Sigale-gale, Makam para raja, dan museum Batak.

 

Sigale-gale

Puluhan kedai yang menyajikan buah tangan khas Batak berjajar di sisi kiri-kanan jalan, mengular dari dermaga Tomok sampai manoktorsigale-gale. Dari pahatan kayu sampai pintalan benang dijual. Ada miniatur rumah bolon, Sortali, selendang sutra, kain ulos,gantungan kunci, dan  baju bertuliskan ‘Lake Toba’ yang memenuhi dinding-dinding kedai.

Namun, rumah bolon yang selokasi dengan patung sigale-gale bukanlah replika. Rumah panggung seluas lapangan tenis itu sudah berusia lebih dari 300 tahun. Pondasi dan pelafon rumah tersebut tidak disatukan oleh paku. “Tidak ada satu paku pun yang tertancap di rumah itu, para sesepuh menggunakan pasak,” jelas Parlin.

Areal seluas setengah lapangan sepak bola itu dipadati oleh empat rumah khas Batak, satu kios kecil dan beberapa rumah penduduk asli. Rumah bolon adalah konstruksi terbesar diantara bangunan yang lain. Bolon dalam bahasa Batak berarti besar. Wajar saja rumah itu mampu menampunglima keluarga sekaligus.

Konon rumah bolon hanya ditempati oleh para raja. Ada 13 kerajaan yang bergantian menempati rumah bolon, yaitu Tuan Ranjinman, Tuan Nagaraja, Tuan Batiran, Tuan Bakkaraja, Tuan Baringin, Tuan Bonabatu, Tuan Rajaulan, Tuan Atian, Tuan Hormabulan, Tuan Raondop, Tuan Rahalim, Tuan Karel Tanjung, dan Tuan Mogang

Konstruksi rumah terbuat dari kayu dan beratapkan ijuk, didesain panggung. Ornamen yang mengitari Rumah bolondisebut gorga paduan tiga warna; putih, hitam, dan merah. Filosofi dari ketiga warna itu adalah manusia akan melwati tiga dunia; dunia kandungan, dunia (Bumi), dan dunia akhirat. Di muka rumah juga dilekatkan Jagah Dopah, ukiran kayu yang dipercaya oleh suku batak dapat menangkal ilmu hitam, “Penjaga seisi rumah.”

Atap yang lancip mencuat di muka dan punggung rumah, uniknya, atap bagian belakang  lebih tinggi 95 sentimeter daripada di depan. “Itu menandakan, orangtua itu tingkatnya lebih tinggi dari pada anak-anaknya. Anak-anak harus selalu menghormati orangtuanya,” ungkap Parlin.

Pintu masuk Rumah bolontergolong sempit, kurang dari satu meter. Pintu itu tersembunyi dibalik dinding sisi depan rumah. Untuk menggapainya, ada enam anak tangga yang harus dipanjat. Arsitek kuno,Simalungun sengaja merancang pintu rumah seperti itu, maksudnya sibaba ni aporit (menghormati pemilik rumah), “Filosofinya harus sopan jika berkunjung,” lanjut Parlin.

Sementara itu, patung Sigale-gale tepat berada di depan rumah bolon. Pada masa kerajaan, ada seorang tuan yang kaya raya, ialah Tuan Rahad. Ia hanya memiliki satu orang anak, si Manggale namanya, putra semata wayang sang raja. Ketika si Manggale beranjak dewasa, Tuan Rahad berkeinginan agar cepat punya mantu. Sayang, si Manggale tewas di medan tempur. Tuan Rahad bermuram durja mendengar kabar itu, ia jatuh sakit sampai sekarat.

Lantas untuk mengurangi kesedihan sang raja, para pesuruh Tuan Rahad berinisiatifmenciptakan sebuah patung replika si Manggale. Tingginya kurang lebih satu meter, sandang yang disematkan juga khas batak, selendang ulos, dan ikat kepala tiga warna; merah, putih, dan hitam. Ia bertumpu di Sopo Balian, sekaligus tempat patung itu disimpan.

Patung itu diberi nama Sigale-gale. Secara etimologi berarti lemah gemulai. Sejak pertama kali dibentuk, Sigale-galedimainkan oleh seorang dalang. Langkah kerjanya, dalang akan berkomat-kamit membaca mantra agar roh merasuk ke patung, lalu patung akan menari tanpa disentuh dalang. Pertunjukan Sigale-gale dengan satu dalang terakhir kali dipertunjukkan pada festival Sigale-galedi Pematang Siantar, oleh Raja Gayus Rumahorbo dari kampung Garoga pada 1930.

Sekarang, patung Sigale-gale harus dipasang tali agar ia mampu menari, dalangnya sudah lebih dari satu. Semakin lihai sang dalang mengatur ketegangan tali, lentur tubuh Sigale-gale terasa padu dengan musik. Lagu latar yang dimainkan juga diambil alih oleh kaset lengkap dengan pemutar musiknya, bukan ketukan atau petikan langsung alat musik khas Batak.

Penonton diperbolehkan menari bersama Sigale-gale. Ketika hendak menari, peserta haruslah mengenakan selendang ulos. Gerakan tari Sigale-gale juga tidak terlalu rumit, buka lebar telapak tangan, lalu ayunkan keatas dan kebawah, sambil mengikuti irama musik, gerakan lainnya dengan bertindih dan menggerakkan bahu. Gerakan ini biasanya ditampilkan berhadap-hadapan dengan teman perempuan, karena, sambung Parlin, “Disitulah letak romantisnya.”

 

Makam Para Raja

Jarak makam para raja lima menit berjalan kaki dari rumah bolon. “Pemakaman ini usianya kurang lebih 700 tahun,” ujar Parlin. Di pemakaman itu dimakamkan raja-raja keturunan Sidabutar, seperti Op Soibutu Sidabutar, raja kedua marga Sidabutar. Gerbang masuk makam para raja dipahat ornamen khas Batak, seperti cicak.Filosofinya, menurut Parlin, “Maksudnya, orang Batak itu ada dimana-mana diseluruh Indonesia, dapat hidup dimana-mana.”

Sembilan makam ada disitu, sedang makam yang paling besar adalah Op Soibutu Sidabutar, panjangnya sekira tiga meter dengan lebar satu meter. Konon sang penghuni makam itu tidak dikuburkan, ia hanya direbahkan didalam batu yang terpahat rumit. Bagian depan kuburan dipahat raut wajah sang empunya, “Mirip 99,99 persen,” tegas Parlin.

Parlin berdiri di depan makam Op Soibutu Sidabutar saat menerangkan sekilas tentang makam para raja. Ia menjelaskan bahwa barang siapa yang mencari jodoh, hendaklah mencium makam sang Opung, “Kalau percaya silahkan dicium, kalau seram silahkan kita ke museum Batak.”

 

Museum Batak

Salah seorang peserta pelatihan Jurnalisme Narasi Salam Ulos sedang berdiri di depan Museum Batak. (Dok. panitia)

Sigale-gale, makam para raja, dan museum Batak diwakili oleh satu badan jalan. Terhubung dari pasar ramaiDesa Tomok. Para pelancong tidak akan kesulitan mencari tiga tempat istimewa ini, ada papan petunjuk yang bertengger di papan-papan kayu.

Wujud museum batak serupa rumah bolon, hanya sedikit lebih kecil, ditambah arsitek modern dipunggung rumah. Rumah panggung itu berjarak tiga menit jika berjalan dari makam para raja. Dalam makam itu tampak berbagai macam artefak khas Batak, mulai dari tempat tidur raja sampai alat-alat persenjataan lengkap di museum itu. Ada pula kalender kerbau, alat musik, kerajinan khas Batak dan masih banyak lagi.

“Pernah ada orang yang ingin membeli tempat tidur raja itu 1,4 miliar, tapi tak dijual, terlalu berharga itu,” ujar Parlin mengakhiri perjalanan.[]