Beranda Beasiswa Dua Misi Mulia Beasiswa

Dua Misi Mulia Beasiswa

BERBAGI

Beasiswa merupakan salah satu pemicu prestasi. Umumnya, beasiswa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dan beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu.

Beasiswa mahasiswa kurang mampu biasanya tanpa memandang prestasi. Masalah terberat yang dialami mahasiswa dari kalangan keluarga kurang mampu biasanya terjadi pada awal masuk perguruan tinggi. Sebab, di semester ini para mahasiswa dibebani dengan daftar ulang setelah lulus ujian masuk.

Di sinilah sebenarnya masalah biaya muncul. Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Priyo Suprobo mengatakan, untuk 2010 ini kuota beasiswa yang diberikan ITS bekerja sama dengan Direktorat Kelembagaan dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas meningkat 90 persen dibandingkan pada 2009. “Bagi yang akan mengikuti program beasiswa Bidik Misi harus mempunyai prestasi kurikuler dan ekstra atau co-kurikuler minimal peringkat ketiga sesuai dengan program studi yang dipilihnya,” kata Priyo.

IKLAN
loading...


Beasiswa Bidik Misi akan diberikan kepada calon mahasiswa PTN selama delapan semester untuk program D4 dan S- 1, sedangkan untuk program D4 diberikan selama enam semester dengan ketentuan penerima beasiswa sebagai mahasiswa aktif. Beasiswa Bidik Misi akan dibuka pada awal Februari hingga April 2010. Sementara untuk lulusan ITS yang berprestasi, ITS memiliki program pendidikan semakin kreatif dan menggiurkan untuk melanjutkan S-2.

Hal ini karenakan ITS memberikan beasiswa berupa bebas biaya pendaftaran dan biaya kuliah (SPP) selama satu tahun. Selain itu, calon mahasiswa S-2 dibebaskan dari tes masuk. Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan minat para lulusan, terutama dengan predikat cumlaude untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, para mahasiswa yang belum lulus akan terpacu untuk mendapatkan predikat cumlaude. ”Selama tepat sasaran, pemberian beasiswa sangat bermanfaat,” ucap dia.

okezone

BERBAGI