Beranda Terkini Terancam Punah, HMB FMIPA Lepaskan Tukik

Terancam Punah, HMB FMIPA Lepaskan Tukik

BERBAGI
Pelepasan tukik ke laut di (Foto/DETaK)

Alfira Oksalina [AM]| DETaK

Darussalam – Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) FMIPA Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dalam rangka acara Pekan Konservasi Sumber Daya Alam (PKSDA)  melakukan pelepaskan 11 tukik di Pantai Syiah Kuala, pada  Minggu 10 April 2016.

Pelepasan tukik ini merupakan bagian dari rangkaian acara PKSDA dalam Aksi Cinta Lingkungan yang diikuti oleh kurang lebih 126 Volunteer dari berbagai kalangan dan komunitas. Kegiatan tersebut juga diikuti dengan aksi penanaman pohon serta pembersihan pantai.

IKLAN
loading...


Menurut Ketua Prodi Biologi FMIPA Unsyiah, Betty Mauliya Bustam aksi Cinta Lingkungan bertujuan untuk menambahkan kesadaran, sekaligus mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam aktifitas konservasi. Hal tersebut terjadi karena tukik dianggap termasuk hewan purba yang terancam kepunahannya.

“Konservasi adalah tanggung jawab kita bersama. Idealnya kita semua dari berbagai pihak saling bersinergi untuk hal ini,” ungkapnya.

Supriadi, mahasiswa asal Medan menuturkan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk menimbulkan kesadaran pentingnya konservasi. Tidak hanya melibatkan mahasiswa namun juga masyarakat sekitar.

“Saya berharap kedepannya ada acara-acara seperti ini yang lebih aktif lagi dengan mengundang instansi terkait untuk ikut secara langsung,” ucapnya usai pelepasan tukik.

Ratna Dewi salah satu volunteer dari komunitas Traveling Bareng Yuk Banda Aceh, juga mengaku senang bisa turut serta dalam pelestarian lingkungan, Ia berharap agar kegiatan seperti ini rutin diadakan.[]

Editor: Cut Meliana