Beranda Terkini Rock The Vote Indonesia Ajak Generasi Muda Berpartisipasi dalam Pilkada Serentak

Rock The Vote Indonesia Ajak Generasi Muda Berpartisipasi dalam Pilkada Serentak

BERBAGI
pembukaan RTVI, Aula Lab School Unsyiah. 17/12/16. (Foto: Zikrina Munawarah [AM]| DETaK.

Zikrina Munawarah [AM]| DETaK

Darussalam – Center for Election and Political Party (CEPP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) bersama Asosiasi Dosen Politik Indonesia (ADIPI), menyelenggarakan kegiatan Rock The Vote Indonesia (RTVI) di Aula Labschool Unsyiah. Sabtu, 17 Desember 2016.

Reni Suwarso, ketua ADIPI mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi wawasan kepada generasi muda tentang dunia politik.

IKLAN
loading...


“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada para pemilih muda yang biasanya pragmatis dan apatis agar memiliki pemahaman bahwa dunia politik sangat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan”, ucapnya.

Acara yang mengangkat tema “Pemilih Muda Sadar Gender” ini juga bertujuan untuk mengajak generasi muda berpartisipasi dalam pilkada serentak, 15 februari 2017 mendatang.

“Pemilu, seperti pilkada, pilpres, dan pileg itu untuk menentukan presiden, gubernur, walikota, bupati dan anggota DPR yang akan mengambil keputusan politik. Jadi kalau kita salah memilih, yang sulit kan kita. Mengingat pemilih muda yang berusia 17-29 tahun itu ada 30% dari total pemilih, jadi perannya sangat penting. Karena nantinya mereka ada diposisi yang menentukan pada tahun 2045 pada 100 tahun Indonesia”, papar Reni.

Dalam acara yang telah di gelar ke-81 kalinya, ADIPI, CEPP bekerja sama dengan KPPA (kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak) menyelenggrakan kegiatan ini di empat lokasi yang berbeda.

“Sebenarnya kita dengan KPPA menyelenggarakan kegiatan ini di empat lokasi yang pertama di UI, Gorontalo, Jogja, dan Aceh. Serta acara ini adalah yang ke-81 kali diselenggarakan di Indonesia sejak tahun 2013 di 33 provinsi bersama 45 PTN (perguruan tinggi negri) dan PTS (perguruan tinggi swasta) seindonesia”, ucap Reni.[]

Editor: Dinda Triani