Beranda Terkini Praktikum Berkah

Praktikum Berkah

BERBAGI
Suasana pasca panen jagung. 30/1/17 (Muhammad Thedi [AM]/ DETaK)
loading...

Muhammad Thedi [AM] | DETaK

Darussalam- Mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Jurusan Agroteknologi angkatan 2016 dan Agribisnis angkatan 2017 pesta panen jagung pada Kamis, 30 November 2017 di Bedeng Sektim Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

Para mahasiswa Fakultas Pertanian yang mengambil mata kuliah Dasar-Dasar Agroteknologi (DDA) sebnayak 3 SKS  diwajibkan untuk mengikuti pratikum menanam varietas jagung manis dan kacang tanah. Selama mengikuti pratikum mahasiswa diajarkan mulai dari mengelola lahan, pembenihan, pemupukan, perawatan hingga akhirnya dilakukan proses pemanenan.

IKLAN
loading...


Jagung yang telah ditumbuhkan dan dirawat sekitar 3 bulan itu  nantinya sebagian akan dijual di lingkungan kampus dan sisanya akan di konsumsi sendiri.

Maulana Zubir selaku Asisten pratikum menjelaskan tujuan pratikum ini dilakukan agar mahasiswa pertanian memahami dan dapat mempraktekkan prinsip-prinsip dasar dalam kegiatan budidaya tanaman secara umum serta bagaimana memasarkannya.

“Tujuan lain dari pratikum ini yaitu mengajarkan para pratikan ilmu agromarketing, jadi mereka itu berjualan, memasarkan suatu produuk yang mereka tanam dan hasilkan,” jelasnya.

Yusuf Hadiarkan selaku pratikan DDA mengungkapkan kesenanganya mengikuti serangkaian kegiatan praktikum yang menyenangkan tersebut.

“Ya ini sebuah hasil yang membanggakan dan berkah, hasil tangan sendiri, dulu cuma tau seorang petani menanam jagung terus kita makan jagung rebusnya saja, tapi sekarang kita sudah tau prosesnya dan kita bisa lebih menghargainya,” ungkap Yusuf berseri-seri. []

Editor: Maisyarah Rita