Beranda Terkini JMK Adakan Diskusi Tentang Wanita dalam Politik Sore Nanti

JMK Adakan Diskusi Tentang Wanita dalam Politik Sore Nanti

BERBAGI
Dok. JMK
Siaran Pers | DETaK
Darussalam – Jaringan Mahasiswa Kota (JMK) akan mengadakan diskusi sereal tentang “Kebudayaan dan Emansipatoris” di kampus Unsyiah. Kegiatan ini bertempat di taman AAC Dayan Dawood tepat di depan gelanggang mahasiswa Unsyiah, hari ini Jumat pukul 16.30 WIB dengan membahas seputar emansipasi wanita dalam dunia politik.
Diskusi tentang emansipatoris sengaja diambil sebagai bentuk pembebasan kaum perempuan dari budaya patriarkis, utamanya dalam konteks politik. “Jangan sampai dunia politik terus dikooptasi oleh kaum pria,” tegas Ninis Arieska, aktivis perempuan JMK.
Ia lantas menyeru kepada seluruh kaum perempuan untuk dapat kembali menemukan jati dirinya sebagai seorang pejuang. “Politik adalah penghidupan, ingat bahwa kita (kaum perempuan -red) adalah juga pejuang yang lebih dahulu mempertaruhkan nyawa melahirkan seorang anak manusia sebelum kaum pria mengangkat senjata,” kata dia lagi.
Dalam diskusi yang akan dihelat sore nanti diharapkan seluruh kaum perempuan untuk bersatu membangun visi politik. Yang terpenting, sambungnya, perempuan bicara tentang politik harus membudaya di masyarakat kita.
Di kesempatan yang lain, Nur Hidayati, divisi analisis dan data dari kegiatan tersebut meyakini penting untuk membudayakan politik bagi kaum perempuan. Baginya, sangat sedikit kaum perempuan yang berpolitik.
“Cara mengukurnya sederhana, dari 81 orang anggota DPR Aceh hanya 12 orang keterwakilan perempuan disana,” katanya.
Diskusi tersebut akan berlangsung secara terbuka, untuk siapa saja dan kalangan mana saja secara gratis atau tidak dipungut biaya apapun.[]
Editor: Dinda Triani
BERBAGI