Beranda Terkini Berbagi Pengalaman Kuliah ke Luar Negeri

Berbagi Pengalaman Kuliah ke Luar Negeri

BERBAGI
Ikhwan Reza tengah memberikan materi kepada peserta (Mutia Wahdini [AM]/DETaK)

Khairunnisa U [AM] | DETaK

Darussalam – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universiatas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan acara talk show dengan mengundang beberapa orang yang menginspirasi di gedung auditorium FKIP baru, Rabu, 16 Maret 2016.

Acara yang bertajuk “Berbagi Pengalaman dan Ilmu Seusai ke Luar Negeri” ini menghadirkan dua mahasiswa Unsyiah yang baru saja menyelesaikan program pertukaran pelajar ke luar negeri beberapa waktu yang lalu. Mereka adalah Ikhwan Reza dan Manna Wassalwa.

IKLAN
loading...


Dalam kesempatan tersebut, kedua pemateri membagikan pengalaman mereka mengenai budaya, bahasa, dan sistem belajar di tempat mereka belajar. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

“Semua orang punya potensi untuk bisa belajar ke luar negeri. Yang dibutuhkan hanya usaha keras dan do’a. Tentu saja, semua hal butuh proses. Sebelum bisa ke luar negeri, saya pernah gagal selama tiga tahun berturut-turut,” tutur Ikhwan

Talk show ini dinilai sangat inspiratif dan mencuri antusisasme mahasiswa yang begitu besar untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Ikhwan juga menekankan bahwa keterbatasan intelektual tidak boleh membatasi keberhasilan.

“Keterbatasan secara intelektualitas tidak boleh menghalangi semangat untuk berhasil, karena pengetahuan itu bisa dikembangkan seiring waktu berlalu. Yang penting adalah tetap usaha, menghasilkan karya, dan juga memantapkan diri untuk bisa berhasil,” lanjut mahasiswa yang menghabiskan enam bulan masa studinya di Seoul National University tersebut.[]

Editor: Eureka Shittanadi

BERBAGI