Beranda Terhangat Perdana, FMIPA Adakan Pengamatan Hujan Meteor Geminid

Perdana, FMIPA Adakan Pengamatan Hujan Meteor Geminid

BERBAGI
Bagian depan gedung baru FMIPA. (Septia Dwi Amanda [AM] | DETaK)
loading...

Alda Mawaddah [AM] | DETaK

Darusslam- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Program Studi (Prodi) Fisika Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)  mengadakan kegiatan “Mengamati Hujan Meteor Geminid” untuk mahasiswa dan masyarakat umum, yang diadakan di Rooftop Gedung E FMIPA Unsyiah, pada Jumat, 13 Desember 2019.

Pengamatan ini diadakan untuk menambah wawasan para mahasiswa dan masyarakat umum tentang berbagai jenis meteor yang selama ini dipercayai oleh masyarakat sebagai tanda datangnya musibah.

loading...

“Hujan meteor ini terjadi setiap tahun pada waktu-waktu tertentu. Di antara banyak meteor yang terkenal, meteor yang sedang kita amati saat ini adalah meteor yang paling ditunggu-tunggu. Meteor geminid ini dimulai dari 4 Desember dan berakhir pada 22 Desember, hal ini tergantung seberapa jauh bumi melintas dalam debu meteor tersebut,” jelas Suhrawardi Ilyas, selaku pemimpin pelaksanaan pengamatan.

Pengamatan hujan meteor ini pertama kali diadakan oleh FMIPA Fisika Unsyiah, dengan fasilitas gedung baru yang memadai. Sebelumnya, Suhrawardi Ilyas juga pernah mencoba mengadakan pengamatan ini saat berada di gedung lama FMIPA Unsyiah pada tahun 2010. Namun, pengamatan itu gagal karena terlalu banyak debu yang mengganggu hingga para pengamat tidak bisa konsentrasi, juga adanya pengaruh uap air dari tanah.

“Pengamatan ini akan terus berlangsung untuk kemunculan meteor selanjutnya, dan kita dapat melihat berbagai jenis meteor lainnya,” tutup Suhra. []

Editor: Cut Siti Raihan