Beranda Siaran Pers PKM, Memberi Inspirasi untuk Meningkatkan SDA Lokal Masyarakat Gampong Baroe

PKM, Memberi Inspirasi untuk Meningkatkan SDA Lokal Masyarakat Gampong Baroe

BERBAGI
Sumber : Dokumentasi Pribadi, Lokasi : Gampong Baroe Aceh Besar (Foto dari Kiri ke Kanan : Bambang Aji Nagan, Weny, Maulidiya Izzati, Muhammad Faiz)

Siaran Pers | DETaK

Gampong Baroe – Empat mahasiswa berasal dari Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP) yang dalam tahun ini mendapatkan dana hibah dari DIKTI melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian Masyarakat, mengadakan sosialisasi mengenai pengolahan pangan dengan memanfaatkan sumber daya alam lokal untuk berbagai variasi olahan.

Tim pengabdian mengadakan diskusi mengenai jadwal kegiatan dan jenis produk yang akan diolah oleh masyarakat setempat pada Minggu, 24 April 2016 pukul 14.30 WIB. Sedangkan dari kepala desa Gampong Daro, Abd Rani Daud menyambut baik adanya penyelenggaraan kegiatan ini.

IKLAN
loading...


Gampoeng Baroe adalah sebuah kampung di kecamatan Mesjid Raya kabupaten Aceh Besar, Aceh yang hanya terdiri dari 55 Kepala Keluarga (KK), dengan 78 wanita dan 107 laki-laki. Tsunami yang 11 tahun lalu melanda Aceh tidak hanya merenggut nyawa dan harta, namun juga kampung.

Menurut ketua tim Maulidiya Izzati mengungkapkan desa tersebut sangat khas sehingga menjadikannya unik untuk dikembangkan.

“Khasnya desa ini adalah memiliki luas wilayah yang kecil sehingga menjadikan desa ini unik untuk dikembangkan. Kami mencoba untuk memberikan inspirasi dan harapan lewat kerja dan karya kami dan insyaallah kegiatan ini akan berkelanjutan hingga masyarakat mandiri dalam mengolah bahan pangan yang tersedia melimpah di alam,” ungkapnya

Salah satu anggota lainnya, Bambang Aji Nagan mengatakan harapannya agar kampung Gampoeng Baroe bisa mandiri dengan menciptakan produk baru yang unik dan khas.

“Diharapkan juga nantinya bisa menciptakan produk baru yang unik dan khas yang dihasilkan oleh kampung ini. Selain itu, mampu memberikan edukasi terkait pemanfaatan sumber daya yang ada disekitar kita,” jelas Bambang.

Pada tahun 2015 mereka telah sukses mengolah dan mempromosikan sirup jamblang di kancah nasional yang juga merupakan hasil dari hibah Dikti pada PKM  bidang Kewirausahaan bersama rekan-rekan lain yaitu Rizki Febriani, Yeni Chandra Dewi, dan Muhammad Haris. Namun kali ini mereka bersama tim yang berbeda menularkan kesuksesan tersebut melalui bidang pengabdian masyarakat ini.

Tim yang dibimbing oleh ibu Novi Safriani ini berharap dapat memberikan energi positif kepada masyarakat Gampong Baroe agar dapat meningkatkan taraf hidup serta menjadikan Gampong Baroe lebih baik lagi dari segi perekonomian.[]

Editor: Cut Meliana

BERBAGI