Beranda Siaran Pers Peringati HARDIKNAS, Guru SM-3T Manggarai Gelar Lomba Pidato

Peringati HARDIKNAS, Guru SM-3T Manggarai Gelar Lomba Pidato

BERBAGI
Ist

Siaran Pers | DETaK

NTT  Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016, Guru Sarjana  Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) Aceh dan Semarang penempatan di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur gelar Kompetisi Pidato Anak Manggarai (Kompiang) tingkat SMP. Acara ini di selenggarakan pada Rabu, (4/5/2016) yang bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Olahraga (PPO), Kabupaten Manggarai dengan mengangkat tema “Suaraku untuk Indonesiaku”.

Lomba pidato kebangsaan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme, cinta tanah air dan wawasan kebangsaan siswa Kabupaten Manggarai. “Kita ingin melatih kemampuan publik speaking mereka, kita juga ingin melalui lomba ini wawasan kebangsaan  siswa Manggarai akan semakin bertambah”, ungkap Samsul Bahri, ketua panitia Kompiang.

IKLAN
loading...


Samsul menjelaskan acara Kompiang ini di ikuti oleh 70 siswa dari seluruh SMP Kabupaten Manggarai. Selain itu, dengan durasi 5 menit mereka harus mampu menyuarakan pendapat, aspirasi, keinginan, cita-cita, dan semangat rasa nasionalisme untuk membangun negeri.

Acara yang di selenggarakan oleh guru SM-3T dari Aceh dan Semarang ini, di buka langsung oleh Wakil Bupati Manggarai, Victor Madur. Dalam kata sambutannya itu,  Victor mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya guru dan anak-anak bekerja sama dengan SM-3T untuk bahu-membahu membangun Manggarai.

“ Anak kita punya bakat, marilah bapak maupun ibu guru di sekolah nantinya kembangkan dengan baik”, jelas Victor.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada guru SM-3T  Manggarai atas kerja sama yang baik selama ini untuk membangun Manggarai. “ Aksi penanaman pohon yang di laksanakan oleh Guru SM-3T di Kecamatan Cibal pada febuari yang lalu juga sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan debit air”, ungkapnya.

Salah satu pemenang Kompiang, Krezensia Aprilia Charita mengaku sama sekali tidak menyangka bisa memenangkan lomba ini. “Saya sama sekali tidak menyangka, soalnya teman-teman yang lain pidatonya juga bagus”, terang siswa dari siswa dari SMP 1 Langke Rembong.

Selain itu, guru pembimbing salah satu peserta kompiang, Tomi mengucapkan terima kasih kepada guru SM-3T yang sudah menyelenggarakan acara ini. “Acara ini sangat membantu anak-anak untuk mengembangkan bakatnya, semoga di laksanakan lagi tahun depannya”, ungkap guru dari SMPN 4 Langke Rembong.

Selain pemberian sertifikat kepada seluruh peserta, panitia juga menyediakan piala dan sejumlah uang pembinaan kepada setiap pemenang. Juara 1 sebesar Rp 750 ribu, juara 2 sebesar Rp. 500 ribu dan untuk juara 3 sebesar Rp. 250 ribu. Untuk harapan 1 dan 2, akan di berikan bingkisan sekolah bagi setiap pemenangnya.

Acara kompiang ini, juara 1 dimenangkan oleh Krezensia Aprilia Charita Bogor, dari SMPN 1 Langke Rembong, juara 2 oleh Gloria Stephany Haman Cengga dari SMP Immaculata Ruteng, juara 3 oleh Fransiska Putri Sabda Ana Nunu dari SMPN 4 Langke Rembong, harapan 1 Maria Lavenia Lanus dari SMP 3 Langke Rembong, dan harapan 2 oleh Monica Kalica Mandai dari SMP 12 Satarmese.[]

Editor: Dinda Triani