Beranda Siaran Pers Peneliti Asing Jalin Kerjasana dengan Unsyiah dalam Penelitian Primatologi di Sumatera

Peneliti Asing Jalin Kerjasana dengan Unsyiah dalam Penelitian Primatologi di Sumatera

BERBAGI
Justin D'Agostino, dan Ziva Justinek, Penerima Beasiswa Fulbright Indonesia. (Dok. OIA Unsyiah)

Siaran Pers | DETaK

Darussalam – Justin D’Agostino dan asistennya Ziva Justinek merupakan penerima beasiswa Fulbright Indonesia periode 2017/2018 yang akan mengunjungi Sumatera untuk melakukan sebuah studi primatologi. Studi yang akan dilakukan dalam waktu minimal 10 bulan ini akan meneliti dua tempat di Sumatera Utara yakni Sikundur dan Batang Toru, dan akan dibantu juga oleh lembaga Sumatran Orangutan Conservation Program (SOCP).

Detailnya, studi siamang ini bertujuan untuk mengetahui efek polusi suara terhadap prilaku siamang, apakah suara yang disebabkan oleh manusia tersebut bisa mengubah keadaan emosional internal primata dan apakah dapat dideteksi dalam perilaku komunikasi primata.

IKLAN
loading...


Penelitian ini juga berkolaborasi dengan Dr. Abdullah, yang merupakan dosen dari FKIP Biologi Unsyiah. Kedepannya, setelah menyelesaikan penelitian ini, mereka berencana menyelanggarakan sebuah konferen internasional yang bertema Indonesian Forest Research di Universitas Syiah Kuala, pada tanggal 1 May 2018. Selain itu, beberapa narasumber dari Amerika, Eropa, dan Asia juga akan turut diundang.

Berikut Informasi detail mengenai┬áJustin D’Agostino dan Asistenya;

Justin D’Agostino berasal dari Amerika Serikat. Justin adalah seorang kandidat ahli antropologi yang bergelar Ph.D di SIL (USA). Pada tahun 2009, Ia menyelesaikan gelar BA bidang ilmu Biologi di San Francisco State University. Tahun 2015 gelar MA bidang Antropologi berhasil diraih di California State University, Los Angeles.

Sedangkan rekannya bernama Ziva Justinek berasal dari Slovenia, Eropa. Ziva menyelesaikan Magister Biologi yang berfokus pada penelitian Sistematik dan Ekologi. Ziva bergabung dalam penelitian Justin karena minatnya luas, apalagi Ziva sangat tertarik dengan kehidupan laut dan kawasan hutan tropis, terutama antropologi biologi dan perilaku primata.[]

Editor: Mutia Dara Authari

BERBAGI