Beranda Siaran Pers Pemira Unsyiah 2014, 8.367 Mahasiswa Berikan Hak Suara

Pemira Unsyiah 2014, 8.367 Mahasiswa Berikan Hak Suara

BERBAGI
Ilustrasi (Sumber: Google)
loading...

Siaran Pers | DETaK

Ilustrasi (Sumber: Google)
Ilustrasi (Sumber: Google)

Darussalam – Komisi Pemilihan Raya (KPR) Unsyiah 2014 telah usah menyelenggarakan Pemilihan Raya (Pemira) di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Selasa 23 Desember 2014. Pemira ini diselenggarakan dalam rangka pemilihan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa(DPM) Unsyiah.

Keterangan pers yang di terima detak-unsyiah.com dari KPR 25 Desember 2014 menyebutkan, jumlah mahasiswa yang tercatat ikut melakukan pencoblosan pada pemira tahun ini adalah sebanyak 8.367 orang. Jumlah ini hanya sebagian kecil dari total jumlah mahasiswa yang terdaftar sebagai daftar pemilih tetap yaitu sebanyak 25.061 pemilih. Data daftar pemilih tetap ini sesuai dengan data yang diperoleh di Kantor Pusat Informasi dan Komunikasi Unsyiah.

loading...

Setelah melalui proses pencoblosan dan dilakukan pemungutan suara di semua TPS, ditetapkan kandidat nomor urut 2 terpilih sebagai ketua BEM. Hal ini berdasarkan dengan perolehan suara yang di dapati oleh masing-masing kandidat. Muhammad Hamzah mengungguli ketiga kandidat lainnya dengan mendapatakan perolehan suara sebanyak 3.706 suara, disusul dengan Rachmad Muchlyan dengan perolehan suara 3.297 suara. Sedangkan kandidat nomor urut 1 dan 3 tertinggal lumayan jauh. Untuk kandidat nomor urut 1 perolehan suara yang diperoleh adalah 1.197 suara dan Muhammad Jazman memperoleh suara sebanyak 167 suara

Pemira yang mengusung tema pemilihan raya mahasiswa sebagai pendidikan demokrasi dalam mewujudkan pemimpin adil, bermoral, bermartabat dan aspiratif, serentak dilaksanakan di 12 fakultas yang ada di Unsyiah. Terdapat total 20 TPS yang tersebar di masing-masing fakultas. Rinciannya yaitu FKIP memiliki 7 TPS, Fakultas Teknik dan Pertanian 2 TPS, dan 1 di masing-masing fakultas.

Sebelumnya, ntuk posisi calon ketua BEM terdapat 4 calon yang bertarung memperebutkan kursi menjadi orang nomor satu dalam kelembagaan mahasiswa Unsyiah. Nama kandidat yang ikut bersaing antara lain Aan Risnanda Valevi dari Fakultas Hukum, Muhammad Hamzah dari Fakultas Kedokteran Gigi, Muhammad Jazman dari Fakultas Teknik, Rachmad Muchlyan dari Fakultas Ekonomi.

Pemira untuk anggota DPM terdapat beberapa calon yang bertarung di fakultas masing-masing. Namun Pemira untuk calon anggota DPM hanya dilaksanakan di beberapa fakultas saja seperti Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Hukum. Hal ini disebabkan pada fakultas lainnya anggota DPM dilakukan secara aklamasi.[]

Editor: Riska Iwantoni