Beranda Siaran Pers Mahasiswa UIN Gelar Festival Cucoe Ar-Raniry

Mahasiswa UIN Gelar Festival Cucoe Ar-Raniry

BERBAGI
Istimewa

Siaran Pers | DETaK

Aceh Besar – Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat Participatory Action Research (KPM – PAR) UIN AR-Raniry menggelar Festival Cucoe Ar-Raniry di Kecamatan Seulimum Aceh Besar, pada Senin 16 Mei 2016. Perhelatan tersebut digelar untuk memacu kreatifitas dan ilmu keislaman.

Festival Cucoe Ar-Raniry kali ini diikuti oleh hampir seluruh gampong yang ada di Kecamatan Seulimum. Lomba yang digelar meliputi lomba pidato, cerdas cermat agama, azan, hafalan surat pendek, shalat Jenazah serta lomba mewarnai. Sementara kegiatan ini berlangsung dimulai sejakĀ 16 hingga 19 Mei 2016 mendatang.

IKLAN
loading...


Ketua Panitia, Samsul Fajry mengatakan setiap delegasi peserta dari gampong sudah disaring oleh mahasiswa KPM di lokasi pengabdian masing-masing untuk diperlombakan di kecamatan, melalui seleksi di tingkat gampong.

“Kita memanfaatkan momen peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Sehingga untuk perlombaan kali ini bisa sekaligus menjadi media atau sarana untuk mengenal Islam lebih baik lagi,” ungkapnya.

Camat Kecamatan Seulimum, Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada mahasiswa KPM – PAR kali ini. Selain ajang perlombaan se kecamatan, menurutnya kegiatan ini menjadi bekal untuk persiapan MTQ di Aceh Besar nantinya.

“Sama sekali tidak sia-sia perjuangan adek adek peserta lomba. Dari sini kita pemerintah juga bisa menyaring mereka yang unggul untuk diikutkan dalam Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kecamatan maupun kabupaten,” jelasnya di hadapan ratusan peserta lomba tersebut.

Sementara itu, Ketua KPM – PAR Kecamatan Seulimum, Herdi Anwar mengaku festival ini dilaksanakan atas dukungan dari masyarakat setempat. Acara tersebut kata dia tidak dilakukan tanpa dukungan dan sambutan hangat masyarakat Seulimum dan pemerintah selama ia bersama ratusan mahasiawa UIN Ar-Raniry lainnya melakukan pengabdian.

“Kita adakan festival ini tidak lain sebagai rasa terimakasih kami kepada masyarakat yang mendukung kami selama menjalankan program PAR ini. Selain itu, kita gelar agar di kalangan anak tumbuh semangat untuk terus mempelajari islam,” tuturnya.

Ia berharap peserta lomba juga bisa mengerahkan seluruh kemampuan di setiap perlombaan yang diikuti agar mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki agar dapat diperbaiki di kemudian hari.[]

Editor: Cut Meliana

BERBAGI