Beranda Siaran Pers 2097 Pelajar Ikuti TPBI Unsyiah

2097 Pelajar Ikuti TPBI Unsyiah

BERBAGI

Siaran Pers | DETaK

IMG_8882
Siswa SMA sedang mengikuti Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI). (Dok. Humas Unsyiah)

Darussalam – Sebanyak 2097 siswa/i SMA se-provinsi Aceh mengikuti TPBI (Tes Penjajakan Bidang Ilmu) di Unsyiah, Minggu (30/11). Kegiatan ini dipusatkan di dua titik lokasi di Unsyiah, yaitu Fakultas Hukum dan Ruang Kuliah Umum (RKU) Unsyiah.

Ujian TPBI diklasifikasikan menjadi dua kelompok ilmu yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dari semua peserta yang mengikuti TPBI, sebanyak 1792 orang memilih kelompok IPA dan 305 orang memilih kelompok IPS.

IKLAN
loading...


Ujian TPBI dibagi ke dalam dua sub tes, pukul 08.00-10.00 WIB adalah tes kemampuan dasar, baru kemudian dilanjutkan dengan tes bidang kemampuan (IPA/IPS) hingga pukul 11.45 WIB. Terdapat sebelas peserta yang tidak mengikuti ujian, sembilan diantaranya merupakan peserta dari kelompok IPA dan 2 peserta lainnya dari kelompok IPS.

Menurut keterangan siaran pers yang di terima detak-unsyiah.com ujian TPBI kali i ini berjalan lancar dan tidak ada masalah. Sejak pukul 07.15 WIB para peserta sudah mulai memenuhi lokasi ujian dan mencari posisi tempat duduknya masing-masing.

TPBI ini dikhususkan untuk siswa tingkat SMA/SMK/MA sederajat kelas 12 semester 1. Soal ujian TPBI ini nantinya diharapkan menjadi gambaran awal dan dapat digunakan sebagai indikator kemampuan intelektual, minat dan bakat seorang siswa. Ujian ini nantinya memberikan nilai prediktif kemampuan siswa secara individual dan nilai perbandiangan dengan skor peserta lain pada tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional berdasarkan materi yang sama.

Hasil penilaian akhir TPBI berupa sertifikat yang diberikan kepada peserta sesuai dengan pilihan perguruan tinggi negeri. Untuk diketahui, TPBI memang bukan salah satu jalur masuk ke Universitas, namun di Unsyiah nilai ujian TPBI ini akan dijadikan sebagai salah satu kriteria penilaian kelulusan pada jalur masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Tahun lalu, banyak siswa yang gagal masuk Unsyiah melalui jalur ini, karena tidak memiliki nilai TPBI. Oleh karena itu, kusus untuk Unsyiah, perolehan nilai TPBI akan mempengaruhi kelulusan di Unsyiah melalui jalur SNMPTN.

Selain Unsyiah, lima universitas lain yang juga menyelenggarakan TPBI yaitu Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Jambi (Unja), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan Universitas Borneo Tarakan (UBT). Pelaksanaan ujian ini dilakukan secara serentak di enam lokasi, yaitu Banda Aceh, Lhokseumawe, Medan, Jambi, Banten dan Tarakan.[]

Editor: Hilda Rahmazani