Beranda Headline UKM Pers DETaK Bekali Calon Anggota Baru dengan PJTD

UKM Pers DETaK Bekali Calon Anggota Baru dengan PJTD

BERBAGI
Pelaksanaan Pelatihan Jurnalis Tingkat Dasar ( PJTD) UKM Pers DETaK Unsyiah. 17/3/2018 ( Zikrina Munawarah/ DETaK)

Zikrina Munawarah | DETaK

Darussalam – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers DETaK Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) bagi calon anggota baru yang sebelumnya telah lulus tahap wawancara. PJTD yang mengusung tema “Peran Persma dalam Dunia Kampus” berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 17-18 Maret 2018 di Ruang Kaca Lantai 2 Gedung Gelanggang Unsyiah.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu persyaratan yang harus dilalui oleh calon anggota sebelum melalui masa magang. Dalam PJTD tersebut akan diberikan bekal dan dasar bagi calon anggota UKM Pers DETaK Unsyiah untuk menjalani masa magang mereka nantinya.

IKLAN
loading...


“Kegiatan ini diadakan untuk calon anggota baru, supaya nanti mereka bisa menjalani masa magangnya. Jika PJTD ini tidak dilakukan, maka nanti dikhawatirkan mereka akan kebingungan ketika ingin mencari berita dan menulisnya,” jelas Ketua Panitia, Arief Rahman Reza.

Arief menambahkan bahwa tema yang diangkat sangat sesuai dengan mahasiswa. Selain itu kegiatan ini juga untuk memberikan pandangan kepada anggota mengenai peran utama pers mahasiswa yang sangat banyak seperti memberitakan isu-isu yang ada dikampus dan menjadi kontrol sosial dilingkungan kampus.

Sementara itu agenda ini diisi materi mengenai jurnalistik dengan pematerinya yang telah berpengalaman didunia jurnalistik diantaranya Syukrillah dari Serambi, Riska Iwantoni yang merupakan pimpinan redaksi UKM Pers DETaK Unsyiah periode 2017, Boy Nasruddin, pimpinan redaksi portalsatu.com dan pemateri handal lainnya. Beberapa materi yang diberikan yaitu dasar jurnalistik, teknik menulis berita, teknik wawancara, fotografi jurnalistik dan layout, manajemen organisasi, features, dasar videografi, news anchor dan public speaking.

Ketua UKM Pers DETaK Unsyiah, Eureka Shittanadi berharap bahwa seluruh peserta PJTD ini bisa menjadi anggota resmi nantinya.

“Saya berharap sejumlah calon anggota UKM Pers DETaK Unsyiah yang mengikuti PJTD hari ini bisa menjalani masa magang mereka dan dinyatakan lulus dengan jumlah yang sama pula,” ungkapnya.[]

Editor: Cut Meliana