Beranda Headline Healthy School, Generasi Sehat untuk Masa Depan yang Cerah

Healthy School, Generasi Sehat untuk Masa Depan yang Cerah

BERBAGI
Kegiatan Healthy School. 04/05/17. (Foto: Novita Sary Saputri\DETaK)

Novita Sary Saputri | DETaK

Aceh Besar –Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit 01 Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan kegiatan Healthy School dengan mengunjungi beberapa sekolah di Aceh Besar, 03-05 April 2017.

Pada hari pertama, KSR PMI Unit 01 Unsyiah mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lamrabo, Aceh Besar. Kegiatan yang dijadikan agenda tahunan ini bertujuan mengajak siswa Sekolah Dasar untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sejak dini, Senin, 03 April 2017.

IKLAN
loading...


Dengan mengusung tema “Generasi Sehat untuk Masa Depan yang Cerah,”. Offi Miranda, salah satu pemateri dalam Healthy School mengajak seluruh peserta SDN Lamrabo untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Tidak hanya mengajak, KSR PMI Unit 01 Unsyiah juga mengajarkan secara langsung bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Selain itu, siswa-siswi SDN Lamrabo yang berjumlah 50 anak juga praktik langsung cara menyikat gigi.

Kegiatan ini dijadwalkan selama tiga hari di tiga lokasi yang berbeda. Pada hari selanjutnya, Selasa, 04 April 2017, tim KSR PMI Unit 01 Unsyiah menyambangi salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Kuta Baro, Aceh Besar dengan membawa tema yang sama namun dengan judul  berbeda. Materi pertama mengenai Kesehatan Mental dan Fisik oleh Ashhabul Kahfi, mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) jurusan Psikologi dan materi kedua adalah Bahaya Rokok serta Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif  (NAPZA) oleh Mahathir Muhammad, eks-ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK Unsyiah.

Arif Saputra, panitia acara Healthy School, mengngkapkan alasan memilih materi Bahaya Rokok dan NAPZA dalam kunjungan KSR PMI Unit 01 di SMPN 2 Kuta Baro yaitu karena banyaknya remaja SMP yang penasaran terhadap hal tersebut.

“Kami memilih materi mengenai Bahaya Rokok dan NAPZA karena masa SMP adalah masa dimana anak-anak berkembang menjadi remaja dan banyak juga remaja  SMP terutama di Banda Aceh, yang penasaran mengenai rokok, untuk itu kami memilih materi ini,” jelasnya.

Di hari terakhir, bertempat di SMAN 5 Darussalam, tim KSR PMI Unit 01 Unsyiah menyampaikan materi tentang Pengenalan Organisasi PMI, oleh Komandan PMI, Firman Firdaus Nuzula, penyuluhan mengenai Donor Darah oleh Andri Faisal dan terakhir mengenai HIV/Aids yang diisi kembali oleh Mahathir Muhammad, Rabu, 05 April 2017.

Dalam penyampainnya di SMAN 5, Mahathir menjelaskan bagaimana terjadinya penularan HIV/Aids, ciri-ciri seseorang yang terkena HIV/Aids serta pencegahan dari HIV/Aids. Melalui media sosial, Mahathir mengatakan bahwa kegiatan Healthy School adalah kegiatan yang bagus, melakukan pencerdasan kepada adik-adik yang merupakan kader penerus masa depan. Dirinya menyarankan agar kegiatan ini dibuat secara berkala dan supaya pehamanan adik-adik bisa terkontrol dan pengaruh baik yang dirasakan lebih besar serta dapat terukur.[]

editor: Alfira Oksalina S.