Rektor Unsyiah: Sarjana Harus Mempertanggungjawabkan Gelarnya

Cut Lusi Khairun Nisak | DETaK

Darussalam - “Saudara harus dapat mempertanggungjawabkan gelar sarjana yang melekat pada diri, sehingga tidak disalahgunakan,” ujar Samsul Rizal, Pejabat Rektor Unsyiah, Kamis (10/5/2012) dalam pidato dihadapan wisudawan.

Dalam upacara wisuda periode Februari-April di Gedung AAC Dayan Dawood tersebut, ia juga mengatakan bahwa kondisi masyarakat saat ini masih labil akibat dinamika politik pasca pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Aceh pada 9 April lalu.

“Masyarakat kita amat mudah terprovokasi yang dapat terjebak dalam kancah konflik karena belum cerdas dalam menyikapi perkembangan, saudara (wisudawan) harus menjadi tempat masyarakat bertanya untuk memperoleh jawaban yang benar,” katanya.

Hingga saat ini Unsyiah telah menghasilkan 58.714 lulusan. “Ini belum termasuk lulusan diploma yang hari ini juga kita lepaskan sebanyak 163 orang,” sebutnya.

Dengan jumlah sarjana yang begitu banyak dihasilkan Unsyiah, Samsul berharap agar moral, harkat, dan martabat kesarjanaan yang melekat pada diri seorang sarjana harus dijaga dan dipelihara.

“Jangan dibiarkan gelar kesarjanaan saudara terkontaminasi, disalahgunakan, dan dimanipulasi untuk kepentingan oknum-oknum tertentu yang ingin memperoleh keuntungan pragmatis kelompok dan sesaat,” tambah Samsul.[]

VN:F [1.9.14_1148]
Rating: 10.0/10 (3 votes cast)
VN:F [1.9.14_1148]
Rating: +3 (from 3 votes)
Rektor Unsyiah: Sarjana Harus Mempertanggungjawabkan Gelarnya, 10.0 out of 10 based on 3 ratings

Short URL: https://detak-unsyiah.com/?p=5044

Posted by on May 11 2012. Filed under HEADLINE. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Follow @UKMPersDETaK

Photo Gallery

Sekretariat :

Gedung Gelangang Mahasiswa Unsyiah, Lantai 2 Ruang 02.01

Kampus Darussalam, Banda Aceh – 23111

Email : [email protected]

Switch to our mobile site