Beranda Artikel Cincau, Penghilang Dahaga Banyak Manfaat

[DETaR] Cincau, Penghilang Dahaga Banyak Manfaat

BERBAGI
Ilustrasi Cincau. (Febby Andriyani/DETaK)

Artikel | DETaK

Setelah menjalani ibadah puasa seharian penuh di tengah cucaca yang terik, minuman segar selalu menjadi pilihan yang tepat untuk melepas dahaga. Minumannya beragam, es teler, es campur, es cendol, dan lain sebagainya. di antara minuman-minuman itu pasti ada satu bahan yang selalu kita temukan, siapa lagi kalau bukan cincau.

Ada dua jenis cincau yang sangat familiar bagi kita, diantaranya adalah cincau hitam dan cincau hijau. Cincau sendiri merupakan olahan dari tanaman, cincau hitam berasal dan olahan daun Janggelan dan cincau hijau berasal dari olahan tanaman merambat Cylea berbata.

Iklan Souvenir DETaK

Nah, maka dari itu, cincau memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi Kesehatan kita. Apa saja sih manfaat dari pendamping minuman dingin kita setiap berbuka puasa ini? Dilansir dari sehatq.com dan Kesehatan.kontan.co.id berikut beberapa manfaat dari cincau.

  1. Mengatasi gangguan pada lambung

Gangguan pada lambung menjadi salah satu hal biasa yang kita rasakan saat berpuasa. Mengkonsumsi cincau, terutama cincau hijau yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C. kandungan itu dipercaya dapat meredakan dan mengatasi gangguan pada lambung.

2. Meredakan sakit tenggorokan

Tenggorokan kering saat berpuasa karena kekurangan air dapat memicu sakit tenggorokan. Cincau hijau mengandung kalsium, fosfor dan karbohidrat serta vitamin A, B1, dan C yang percaya dapat mengatasi sakit tenggorokan.

3. Menyehatkan pencernaan

Cincau hijau juga terbukti dapat menyehatkan pencernaan berdasarkan dari studi yang dipublikasi oleh Procedia Chemistry. Hal ini dikarenakan adanya kandungan flavonoid di dalam cincau hijau.

4. Menurunkan berat badan

Bagi kalian yang mungkin memanfaatkan momentum bulan puasa untuk menurunkan berat badan, cincau hitam bisa sangat membantu dalam proses tersebut. Cincau hitam memiliki jumlah kalori dan gula darah rendah yang baik untuk membantu dalam proses penurunan berat badan.

5. Meningkatkan Kesehatan jantung

Cincau hitam kaya akan kandungan serat alami. Kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan Kesehatan jantung.

6. Mengontrol gula darah

Cincau hitam mengandung gula alami yang tidak memberi dampak buruk pada tubuh. Selain itu, kandungan dalam cincau hitam ini bermanfaat untuk mengontrol gula darah.

Penulis bernama Rossdita Amallya, mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala. Ia juga merupakan salah satu anggota di UKM Pers DETaK.

Editor: Aisya Syahira