Beranda Headline Terima Lebih Sedikit Mahasiswa, Kurangi Dana Kelembagaan

Terima Lebih Sedikit Mahasiswa, Kurangi Dana Kelembagaan

BERBAGI
Ist.

Raudhatul Muna | DETaK

Darussalam – Dana kelembagaan tahun ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pengurangan dana tersebut dikarenakan jumlah mahasiswa yang diterima tahun ini maupun yang sedang aktif lebih sedikit dari pada tahun sebelumnya. Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan Muhammad Yunus ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unsyiah.

Yunus Menyampaikan bahwa dana tersebut dipotong dari tiap mahasiswa dan dialokasikan untuk setiap organisasi dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

“Memang faktornya adalah mahasiswa yang diterima dan aktif tahun ini lebih sedikit, prosedurnya setiap mahasiswa dipotong Rp 25.000,- untuk alokasi dana kelembagaan dan tiap organisasi memiliki presentasenya masing-masing. Seperti halnya MPM sebesar 5%, DPM sebesar 6%, BEM dan UKM 20%, terakhir BEM Fakultas sebesar 49%. Dimana dana BEM Fakultas nantinya akan dibagi kembali untuk UKM dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dalam fakultas tersebut”. papar Yunus dalam penjelasannya.

Selain faktor jumlah mahasiswa Yunus juga mengatakan kini Unsyiah juga memiliki lembaga keorganisasian yang kinerja dan mutunya lebih baik. sehingga banyak sedikit mempengaruhi jumlah uang kelembagaan tersebut.

“Faktor lain sekarang ini juga UKM di Unsyiah banyak yang terakreditasi A. Dibandingkan tahun lalu yang jumlah akreditasi A berjumlah 13 UKM dan 5 UKM berakreditasi C, sedangkan tahun ini jumlah UKM yang berakreditasi A sudah 15 dan akreditasi C hanya 1 dari 32 UKM yang ada di Unsyiah”, tambah Yunus diakhir wawancaranya.[]

Editor: Dinda Triani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here