2.350 Orang Lulus di Unsyiah Lewat Jalur SNMPTN 2015

2.350 Orang Lulus di Unsyiah Lewat Jalur SNMPTN 2015

0

Siaran Pers | DETaK

Logo SNMPTN 2015 (Sumber: Google)
Logo SNMPTN 2015 (Sumber: Google)

Banda Aceh – Sebanyak 2.350 orang lulusan SMA/MA/SMK dari berbagai daerah di Indonesia dinyatakan lulus seleksi ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui jalur masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2015.

Pengumuman tentang kelulusan ini diterima detak-unsyiah.com dari Kepala Humas Unsyiah, Ilham Maulana yang dikeluarkan sejak Sabtu, 9 Mei 2015 oleh panitia pusat penyelenggara SNMPTN 2015. Para peserta SNMPTN dapat melihat status kelulusan mereka melalui situs www.snmptn.ac.id dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta tanggal lahir mereka. Sementara pihak sekolah dapat mengecek kelulusan siswa mereka melalui laman https://web.snmptn.ac.id setelah login.

Jumlah siswa yang dinyatakan lulus tersebut hanya berkisar 10% dari peminat yang mendaftar pada 59 Program Studi (Prodi) di Unsyiah. Total jumlah pendaftar ke Unsyiah melalui jalur ini adalah 22.871 orang.

Jumlah sekolah yang siswanya mendaftar di jalur SNMPTN tahun 2015 di seluruh Indonesia adalah sebanyak 21.228 sekolah, dengan jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 852.093 orang. Jumlah sekolah dan siswa pendaftar ini meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu.

Meskipun jumlah peserta yang tersebut di atas telah dinyatakan lulus seleksi, namun status penerimaan mereka di Unsyiah belum pasti. Kepastian diterima atau tidaknya mereka di Unsyiah baru akan diperoleh setelah verifikasi data akademik mereka, yaitu pemeriksaan rapor dan portofolio. Jadwal verifikasi dan pemeriksaan dokumen tersebut akan ditentukan selanjutnya, dan akan diumumkan melalui laman www.unsyiah.ac.id.

Oleh karena itu, kehadiran saat proses verifikasi sangat menentukan status penerimaan di Unsyiah. Bagi Peserta SNMPTN yang merupakan Peserta Bidikmisi, selain dilakukan verifikasi terhadap data akademik, perguruan tinggi tujuan akan melakukan juga verifikasi data ekonomi dan/atau kunjungan ke alamat tinggal Peserta SNMPTN untuk menetapkan status penerimaan Peserta SNMPTN sebagai mahasiswa dan sebagai penerima beasiswa Bidikmisi.

Sebanyak 50% mahasiswa baru Unsyiah diterima melalui jalur SNMPTN, sementara 30% melalui SBMPTN, dan 20% melalui jalur mandiri. Pendaftaran melalui jalur SBMPTN akan berakhir pada tanggal 6 Juni 2014. Pendaftaran jalur ini juga dapat dilakukan melalui internet di laman www.sbmptn.or.id.

Pendaftaran SBMPTN dimulai hari ini

Sementara itu, siswa yang tidak lulus melalui jalur SNMPTN, masih dapat mencoba keberuntungan mereka melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015. Informasi lengkap tentang pendaftaran online untuk jalur ini dapat diperoleh melalui laman www.sbmptn.or.id. Pendaftaran jalur yang mengandalkan nilai ujian tulis ini sudah dimulai tanggal 11 hingga 29 Mei 2015.[]

Editor: Riska Iwantoni

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY