Beranda Headline Mahasiswa Unsyiah Lolos Ajang Wirausaha Muda Mandiri

Mahasiswa Unsyiah Lolos Ajang Wirausaha Muda Mandiri

BERBAGI

Nurhamidah | DETaK

Darussalam- M.Mulya Khan, mahasiswa FKIP Fisika Unsyiah itu akhirnya menjadi satu-satunya Finalis Nasional yang berhasil lolos di Ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2012, untuk kategori Mahasiswa. Mulya Bakal mewakili Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) pada 12 Januari mendatang di Bank Mandiri Pusat, Jakarta.

Ia berhasil memenangkan WMM untuk kategori Mahasiswa di Bidang Jasa dengan mengikutsertakan Bimbingan Belajar “Genius Privat” miliknya sendiri yang sudah berdiri selama 3 tahun.

IKLAN
loading...


Mulya mengaku tidak menyangka akan menang, “Ketika sudah juara di provinsi, saya bertemu-ramah dengan Dosen-dosen Ekonomi. Saya hanya sendiri perwakilan dari FKIP, yang parahnya dari Prodi Fisika lagi. Mereka tanya, di Fisika juga ada belajar Ekonomi ya?”, jelasnya pada DETaK, Rabu (2/01/2013)/

Ada 3 program yang di perlombakan, yaitu Program Usaha Mandiri (PMW), Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dan Mandiri Young Technopreneur (MYT). Program WMM di buka untuk kategori Mahasiwa dan Alumni. Program tersebut di bagi lagi menjadi 4 Bidang usaha, meliputi Bidang Industri,Bidang Perdagangan dan Jasa,Bidang Boga serta Bidang Kreatif.

Jumlah peserta dari seluruh Aceh yang mengikuti  Program WMM sebanyak 500 orang yang dilaksankan pada November lalu, dan hanya 8 orang saja yang di ambil pemenangnya. Dari  8 tersebut akan di pilih 4 orang dari Kategori Mahasiswa dan  4 orang untuk kategori alumni dengan berbagai bidang.

Setelah Lolos di Tingkat Provinsi, Mulya mengikuti penyeleksian lagi di Medan pada 14 Desember 2012. Seleksi ini di ikuti oleh Provinsi Aceh, Riau, Riau Laut, Medan dan Batam. Dari penyeleksian di Kantor Wilayah 1 (Kanwil) ini, Mulya kembali lolos. Dan ia juga yang akan mewakili Sumbagut di Bidang Jasa pada tanggal 12 Januari di Kantor Pusat Bank Mandiri,Jakarta. Nantinya, mulya akan di dampingi oleh Dosen Ekonomi dan Rektor Unsyiah, Samsul Rizal.

Program Wirausaha Mandiri  merupakan program utama Corporate Social Responsibility Bank Mandiri bekerjasama dengan seluruh pihak, baik dari kalangan Pemerintah maupun swasta, dunia akademisi, praktisi bisnis dan masyarakat. Tujuannya yakni untuk menjadikan generasi muda yang mandiri, sehingga bukan hanya menjadi generasi pencari kerja namun mampu menjadi generasi pencipta lapangan pekerjaan dan memberikan apresiasi bagi generasi muda, khususnya mahasiswa dan alumni Perguruan Tinggi yang telah berani berwirausaha. []