Pramuka Unsyiah Gelar Perkemahan se-Aceh

posted on January 22, 2013
Tweet
Pin It
Tweet
Pin It

Siaran Pers | DETaK

Foto: Ilustrasi

Darussalam - Gerakan Pramuka Unsyiah, Racana Teuku Umar-Malahayati, Gugus Depan A 329-A 330 menggelar Perkemahan Hari Ulang Tahun (Perkem HUT) Ke-35. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bumi Perkemahan Lapangan Tugu Kampus Unsyiah Darussalam Banda Aceh sejak 21 hingga 25 Januari 2013.

Pembantu Rektor III, Rusli Yusuf dalam kata sambutannya menyampaikan, peserta perkemahan tahun ini berjumlah 862 orang peserta. Jumlah tersebut terdiri dari 14 kabupaten atas 43 gudep.

Ia mengatakan kader-kader pramuka harus menjadi kader-kader yang berdikari. Kader Pramuka juga harus mampu menjunjung nilai-nilai moral dan kemanusiaan. “Kembangkan soft skill yang ada pada diri masing-masing,” kata Rusli.

“Sangat mudah mengaplikasikan kehidupan yang berakhlak mulia dalam bermasyarakat. Apabila adik-adik mau mewujudkan prilaku yang baik dalam keseharian, maka cukup dengan menjalankan syariat Islam. Karena syariat islam selaras dengan penerapan budi pekerti yang baik. Jika berhasil menjalankannya, maka nilai luhur itu akan muncul dari setiap insan.”

Dengan demikian, kata Rusli, akan tercipta pula kader-kader bangsa yang berjiwa patriot. Jadi, semoga dengan Perkem HUT ini ada semangat baru untuk mempersiapkan kader bangsa yang berkepribadian dan kepemimpinan yang berjiwa baik, disiplin, sehat mental, mampu berkarya dengan semangat kemandirian, dan bertanggungjawab.

Sementara itu ketua panitia Perkem HUT ke-35, Marisa Putri Hardani menyebutkan, tema Perkem HUT ke-35 adalah Membentuk Patriot Muda yang Cinta Alam, Disiplin, dan Bertanggungjawab Bagi Nusa dan Bangsa.

“Tujuan kegiatan ini, untuk ajang silaturrahmi antara sesama pramuka, menumbuhkan rasa cinta tanah air, menambah wawasan, mengasah minat, dan aplikasi tri dharma perguruan tinggi,” ujarnya.

Marisa menjelaskan, bentuk kegiatan perkemahan ini terdiri dari berbagai macam perlombaan, seminar, olahraga, dan wisata. “Adapun perlombaan yang diselenggarakan dalam serangkaian acara antaranya, ketangkasan baris-berbaris, hasta karya, kaligrafi, pentas seni, pionering, lomba masak non beras, teknologi tepat guna, dan lomba-lomba yang lainnya,” sebutnya.

Menurutnya, target yang ingin dicapai pada Perkem HUT Pramuka Unsyiah ke-35 yakni meningkatkan keimanan dan ketakwaan regu pramuka, meningkatkan jiwa persatuan, dan kesatuan. “Menciptakan kedisiplinan, kepedulian terhadap sesama dan lingkungan, ketrampilan kepramukaan dan menajerial, serta berjiwa kewirausahaan,” kata Marisa.[]

sayeddetak

One Comment

  1. said

    January 22, 2013 at 09:30

    kemah kok di lapngan tugu?? uda gitu semua fasilitas ada dan terjangkau, terkesan terlalu memanjakan peserta kemah. Muncul pertanyaan, itu kemah atau “kemah-kemahan”? :D
    mana peserta kemah orang ABG lagi..
    Jaman orang masih SMP, kemah ya paling tidak di bukit jauh dari kemanjaan. untuk apa berjiwa patriot, tapi patriotnya manja-manja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: