Beranda Terkini Sambut Milad ke-24, UKM KSR PMI Selenggarakan Lomba Simulasi P3K

Sambut Milad ke-24, UKM KSR PMI Selenggarakan Lomba Simulasi P3K

BERBAGI
Kegiatan Lomba Simulasi P3K. 27/04/19 (Missanur Refasesa | DETaK)

Missanur Refasesa | DETaK

Darussalam– Sambut milad ke-24, Unit Kegiatan Mahasiswa  (UKM) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan lomba “Simulasi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan”. Kegiatan ini diikuti oleh tiga unit KSR PMI yaitu: Unit 1 dari Unsyiah, unit 2 dan 3 dari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry di Lapangan Tugu Unsyiah pada Sabtu, 27 April 2019.

Menurut Muhammad Pasya selaku Ketua Panitia, tujuan dari diselenggarakannya kegiatan lomba simulasi di Lapangan Tugu Unsyiah adalah karena lokasi yang berdekatan dengan jalan raya. Dengan begitu, masyarakat dapat melihat langsung proses pertolongan yang dilakukan oleh anggota PMI.

IKLAN
loading...


“Sebelumnya hanya simulasi biasa, baru pada tahun ini diadakan lomba simulasi antar Unit Se-Banda Aceh-Aceh Besar,” ungkap Pasya.

Ia juga menambahkan kurangnya partisipasi dari unit lain dikarenakan mereka sedang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Search and Rescue (SAR) di universitas masing-masing.

Pasya juga mengatakan salah satu kriteria penilaian adalah kecepatan. Hal ini dikarenakan masing-masing unit hanya diberikan waktu maksimal 15 menit untuk melakukan pertolongan pada korban. Rencananya pemenang akan diumumkan pada tanggal 29 April 2019 setelah dilakukan penjurian oleh dua juri yang berasal dari PMI Kota Banda Aceh, Lutfi Arkan dan Maskur.

“Selain berkompetisi dan berpacu dalam kemampuan medis dasar, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar KSR,” ujar Ratu Kharisma Kamal, salah satu peserta dari unit 1. []

Editor: Nurul Hasanah