Beranda Terhangat USK Jadi Tuan Rumah 1st Virtual IMT-GT Varsity Carnival

USK Jadi Tuan Rumah 1st Virtual IMT-GT Varsity Carnival

BERBAGI
Saat acara berlangsung. 27/09/21 (Satria Liswanda/DETaK)

Satria Liswanda | DETaK

Darussalam- Tahun ini, kegiatan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Traingle (IMT-GT) kembali dilaksanakan setelah ditunda pada tahun 2020 akibat Covid-19. Kali ini, Indonesia mendapat giliran sebagai tuan rumah pelaksanaan yang ke-22, tepatnya akan diselenggarakan di Universitas Syiah Kuala (USK).

IMT-GT tahun 2021 hadir dengan nuansa yang berbeda, untuk pertama kalinya segala rangkaian kegiatan dilaksanakan secara virtual, sehingga kegiatan ini namanya menjadi “1st Virtual IMT-GT Varsity Carnival”. IMT-GT merupakan kerja sama antara tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand yang melibatkan 12 perguruan tinggi, setiap negara terdapat empat perguruan tinggi yang telah menyepakati kerja sama tersebut.

IKLAN
loading...


Rangkaian kegiatan IMT-GT terdiri atas perlombaan seni dan olahraga serta seminar, namun sifatnya lebih menjurus ke lomba persahabatan antarperguruan tinggi. Wakil Rektor III Universitas Syiah Kuala (USK) Alfiansyah Yulianur mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk memperkuat persahabatan antar negara yang terlibat di samping memperebutkan piala kemenangan.

“Kegiatannya ada kesenian, olahraga, dan juga ada seminar. Semacam perlombaan yang bersifat carnival atau persahabatan. Juara penting tetapi lebih penting persahabatan, sehingga kelihatannya tidak seperti event kejuaraan yang strik, ada semacam bersenang-senang dan bergembira untuk menjalin persahabatan dengan tiga negara,” ungkapnya kepada tim DETaK.

Hari ini merupakan pelaksanaan Opening Ceremony yang seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan secara virtual yang bepusat di Universitas Syiah Kuala. Rangkaian kegiatan hari ini dimeriahkan dengan menampilkan video pesona alam daerah Aceh dan atraksi kesenian budaya khas Aceh yang melibatkan mahasiswa-mahasiswi Universitas Syiah Kuala. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Syamsul Rizal dan dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing negara. President IMT-GT Varsity Council, Hendrik Lamsali ikut hadir secara virtual dan juga ikut memberikan kata sambutan dalam acara pembukaan ini.

Kegiatan yang berpusat di USK ini telah dibuat persiapan selama lebih dari 6 bulan. Ada kesulitan yang dihadapi panitia dalam menyukseskan acara virtual ini dimana kegiatannya harus merupakan penggabungan online, rekam, dan live. Banyak persiapan lain yang harus dikerjakan dan atas kerja sama tim mampu melaksanakan acara pembukaan dengan sukses diharapkan lancar sampai acara penutupan.

“Banyak kesulitan yang kami hadapi, karena kegiatan ini semacam hybrid, ada yang online, ada yang merekam, ada yang live. Ada tiga hal yang kita gabungkan dan ini tidak mudah, kita membutuhkan tim ICT untuk membangun aplikasi yang bagus untuk juri menilai, kita juga membangun sistem untuk upload video. Alhamdulillah dengan komitmen semua tim bisa kita laksanakan dengan bagus,” ucap Muzailin Affan sebagai penanggung jawab acara.

Virtual IMT-GT Varsity Carnival yang pertama ini kegiatannya diagendakan selama lima hari yaitu mulai 27 September s.d. 1 Oktober. Setiap hari ada kegiatan yang dilaksanakan baik seminar, perlombaan atraksi seni, dan olahraga. Semuanya ditampilkan dan dinilai secara virtual melalui sistem yang telah dirancangkan oleh panitia pelaksana.[]

Editor: Cut Siti Raihan

BERBAGI