Beranda Terhangat Tari Tradisional Meriahkan Acara 1st Virtual IMT-GT Varsity Carnival

Tari Tradisional Meriahkan Acara 1st Virtual IMT-GT Varsity Carnival

BERBAGI
Para penari yang ikut memeriahkan kegiatan. 27/09/2021 (Dok. Pribadi)

Nihayatul Afifah Husna | DETaK

Darussalam- Universitas Syiah Kuala (USK) menampilkan tarian tradisional dalam acara Opening Ceremony 1st Virtual IMT-GT Varsity Carnival pada Senin, 27 September 2021.Kegiatan ini dibuka oleh Rektor USK dan diisi oleh penampilan video pesona Aceh dan tarian tradisional oleh mahasiswa USK, para penari dibina langsung oleh Ramdiana salah satu Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Seni Drama  Tari dan Musik (FKIP Sendratasik).

“Berhubung USK menjadi tuan rumah, kami harus mempersiapkan persembahan mulai dari opening sampai dengan closing.   Persiapan yang dilakukan untuk latihan para penari itu selama dua Minggu. Selama dua Minggu ini yang kami siapkan itu lima karya meliputi untuk acara opening, perlombaan, dan closing,” ujarnya.

IKLAN
loading...


“Kendala yang dihadapi itu karena kondisi pandemi dan sebagian mahasiswa itu masih di kampung, jadi saya menghubungi satu-persatu para mahasiswa atas persetujuan petinggi kampus tentunya,” ucap Ramdiana pada tim detak-unsyiah.com.

Aulia Maulana Rizky, mahasiswa USK dari fakultas kedokteran menjadi salah satu anggota penari Rapai Geleng dalam acara opening ceremony ini memaparkan bahwa kesulitan yang dihadapinya ialah harus beradaptasi dengan gerakan dan pukulan yang sudah dimodifikasi.

“Kesulitan yang saya hadapi itu adalah beradaptasi dengan gerakan yang sudah dimodifikasi menjadi tari kolosal, gerakan kami masih gerakan asli. Selain itu musiknya juga sudah diiringi oleh pemusik jadi harus disesuaikan,” ujarnya.

Adapun jumlah keseluruhan tim penari dan pemusik dalam kegiatan ini baik dari opening sampai closing mencapai 58 orang.[]

Editor: Cut Siti Raihan