Beranda Terhangat Seminar STAT EXPLORE: Generasi Muda Dituntut Berani Jadi Entrepreneur

Seminar STAT EXPLORE: Generasi Muda Dituntut Berani Jadi Entrepreneur

BERBAGI
(Dok. Pribadi)

Satria Liswanda | DETaK

Banda Aceh- Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) Universitas Syiah Kuala (USK) kembali menyelenggarakan STAT EXPLORE. Tahun ini HIMASTA menyuguhkan banyak rangkaian kegiatan, salah satunya ialah Seminar Nasional Kewirausahaan yang dilaksanakan secara virtual dengan mengangkat tema “Bisnis Kreatif di Era Digital, Mendukung Ekonomi Indonesia Tangguh dan Tumbuh”.

Seminar nasional kewirausahaan ini dilaksanakan dari jam 14.00 s.d. 16.30 WIB, dengan dihadiri oleh dua pemateri yaitu Facrul Razi (Ketua Komite I DPD RI) dan Mardani H. Maming (Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Acara ini dihadiri Rektor USK Samsul Rizal sebagai Welcoming Speech, selain itu juga ada dua Keynote Speakers yang memberi pengantar materi yaitu Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan La Nyalla Mattalitti (Ketua DPD RI).

IKLAN
loading...


Facrul Razi, sebagai pemateri pertama dalam seminar virtual ini menekankan agar generasi muda bisa menguasai teknologi dan bahasa serta pembentukan karakter yang baik agar bisa membangun ekonomi kreatif dan menjadi entrepreneur berkarakter.

“Membangun ekonomi kreatif dalam era digital bukan hanya menguasai teknologi tetapi menguasai komunikasi bahasa yang sangat penting karena itu sinkron. Bagaimana kita bisa menguasai teknologi kalau bahasa global tidak didalami karena bahasa inggris sangatlah penting. Selain itu pembangunan karakter dan leadership juga sangat penting, selanjutnya bagaimana kita mengembangkan karakter dan meningkatkan ekonomi berdasarkan kemampuan digital yang dikuasai,” kutipan penutup dari pemaparan Facrul Razi.

Pemateri kedua yaitu Mardani H. Maming lebih mengajak kaum muda untuk berani mengambil start memulai suatu bisnis. Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ini mengatakan mulailah dari sesuatu yang kecil, berfikir besar, dan mulai dengan cepat (start small, think big, act fast).

“Di awal bisnis manfaatkan networking yang ada, minimalkan pengeluaran, tidak perlu semua aspek berjalan sempurna, lakukan perubahan pelan-pelan dan belajar dari kesalahan, Kita mulai dari sesuatu yang kecil, berfikir besar, dan lakukan dengan cepat dan terus melakukan improve dengan baik,” ucap Mardani H. Maming dalam paparan materinya.

Kegiatan yang dipandu oleh Munawar sebagai moderator juga sebagai dosen Statistika USK, dihadiri oleh hampir 700 partisipan dan berjalan dengan sangat interaktif. Sandiaga Uno di akhir pembicaraannya memberikan doorprize bagi siapa yang benar dan beruntung menjawab pertanyaannya. Akhir kegiatan, pihak panitia mengumumkan pemenang doorprize untuk penanya dan kreator story instagram terbaik. []

Editor: Della Novia Sandra