Beranda Terhangat Dua Tahun Vakum, Festival Aneuk KIP 2019 Kembali Digelar

Dua Tahun Vakum, Festival Aneuk KIP 2019 Kembali Digelar

BERBAGI
Pembukaan acara FAKIP 2019. 19/11/2019 (Della Novia Sandra [AM] | DETaK)

Indah Latifa [AM] | DETaK

Darussalam- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali menggelar Festival Aneuk KIP (FAKIP) setelah vakum selama dua tahun. Acara yang mengangkat tema “Open Your Mind and Start Your Future For Excellent Education” ini diadakan di halaman parkir belakang FKIP Unsyiah mulai tanggal 19-23 November 2019.

Ichsan Fuadi, selaku ketua panitia acara FAKIP menjelaskan bahwa FAKIP tahun ini mencakup dua kegiatan, yaitu Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) dan Seni. Rangkaian kegiatan POM terdiri dari pertandingan futsal yang telah dilaksanakan tanggal 16-17 November, dan pergelaran seni yang meliputi lomba baca puisi, tari berpasangan, pop solo, dangdut solo, akustik, mewarnai, pameran pendidikan, expo, debat pendidikan, fashion show, olimpiade pendidikan, senam jantung sehat, dan permainan tradisional.

Ichsan juga menambahkan, FAKIP ditujukan untuk mempromosikan bahwa di FKIP semuanya tidak hanya tentang pendidikan saja, namun setiap mahasiswanya juga kreatif. Hal ini bisa dilihat dari peserta pendaftar lomba yang dibuka untuk umum ini jauh melebihi target semula, keseluruhan pendaftar diperkirakan sekitar 350 peserta.

“Sebenarnya kita ingin mempromosikan bahwa di FKIP tidak melulu tentang pendidikan, bahkan dengan adanya Festival Aneuk KIP ini semua mahasiswa bisa menunjukkan kreativitasnya. Jadi kita tidak memberikan batasan kepada mahasiswa untuk berkarya,” ungkapnya.

Pada kegiatan FAKIP ini terdapat 58 stan yang terdiri dari 30 stan penjualan, 18 stan pendidikan yang dibuat oleh ormawa dari setiap prodi di Fakultas KIP Unsyiah, dan 3 stan tambahan dari pihak sponsor acara.

“Datang kesini dari pagi cuma mau lihat acaranya gimana. Dekorasinya unik, ada unsur-unsur alamnya kayak atap dari daun rumbia. Stannya juga unik-unik buat dikunjungi, seneng deh datang kesini,” ujar Nur Khalisah, mahasiswi Teknologi Hasil Pertanian Unsyiah yang merupakan salah satu pengunjung FAKIP.

Dengan diselenggarakannya kembali acara ini, Ichsan berharap FAKIP dapat menjadi acara tahunan yang yang rutin diadakan oleh BEM FKIP Unsyiah.

“Harapan kami FAKIP bisa dijadikan acara tahunan untuk beberapa tahun ke depan. Seperti fakultas lain, kami pun FKIP, fakultas dengan mahasiswa terbanyak juga harus punya acara tahunan,” pungkasnya. []

Editor: Cut Siti Raihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here