Beranda Terhangat Aksi Penyampaian Aspirasi Rakyat oleh BEM USK di Depan Kantor Gubernur

Aksi Penyampaian Aspirasi Rakyat oleh BEM USK di Depan Kantor Gubernur

BERBAGI
Aksi penyampaian aspirasi rakyat oleh BEM USK di depan Kantor Gubernur Aceh. 21/10/2021. (Marsa Nurmalisari [AM]/DETaK)

Marsa Nurmalisari [AM] | DETaK

Banda Aceh- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Syiah Kuala (USK) menyelenggarakan panggung seni guna menyampaikan aspirasi dari keresahan rakyat Aceh maupun seluruh rakyat Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di depan Kantor Gubernur Aceh pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Bentuk aksi yang dilakukan berupa panggung seni dan budaya, mural, mimbar bebas, kotak aspirasi, pergelaran potret kemiskinan, penindasan, dan kerusakan lingkungan serta teatrikal. Aksi ini didasarkan pada demo serentak di seluruh Indonesia yang diinisiasi oleh BEM seluruh Indonesia. BEM USK ikut berpartisipasi dalam kegiatan demonstrasi serentak tersebut.

IKLAN
loading...


Iklhasul Amal, selaku Wakil Presiden Mahasiswa USK menjelaskan dua poin penting aspirasi yang ingin disampaikan.

“Jadi kami bawa dua isu ya, isu daerah dan isu nasional. Di isu daerah sendiri kami pengennya itu, harapannya, menolak pejabat untuk belanja tinggi di masa pandemi, lalu juga realisasi APBA dan juga realisasi dan pemanfaatan dana otonomi khusus secara efektif dan tepat sasaran. Dan untuk isu nasional sendiri kami menolak Omnibus Law dan cabut segala undang-undang turunannya dan juga kami ingin untuk mengevaluasi dua tahun Jokowi-Ma’ruf dan juga mengevaluasi satu tahum Nova Iriansyah dan ada berbagai tuntutan-tuntutan lain yang memang didasari oleh keresahan mahasiswa itu sendiri,” jelas Ikhlasul.

Kegiatan ini sebenarnya boleh diikuti oleh seluruh mahasiswa USK, namun dikarenakan masa pandemi, jumlah mahasiswa yang boleh berpartisipasi dibatasi oleh pihak kepolisisan dan Pejabat Kantor Gubernur, sehingga hanya 20 orang anggota BEM saja yang bisa berpartipasi aktif.[]

Editor: Teuku Muhammad Ridha