Beranda Suara Mahasiswa Ricuhnya Pelantikan Ketua dan Pengurus MPM Unsyiah 2017

Ricuhnya Pelantikan Ketua dan Pengurus MPM Unsyiah 2017

Ist.

Suara Mahasiswa | DETaK

Oleh Eka Risya Fitri

Selasa 26 september 2017 telah berlangsung pelantikan MPM Unsyiah di gedung Gelanggang Mahasiawa Unsyiah. Pelantikan ini rencananya akan melantik Wahyu Rezky Annas sebagai ketua umum, Agung Wiranto, sekretaris Jenderal dan Ridho Fatwa sebagai bendahara.

Namun ketika proses pelantikan ini sedang berlangsung sebagian mahasiswa menolak proses pelantikan, hingga terjadi kericuhan antara mahasiswa yang sempat menjadi peserta sidang pemilihan struktur MPM, dengan pihak keamanan setempat. Tindakan adu mulut dan saling beradu argument pun tidak terelakkan.

Menurut sebahagian mahasiswa yang menolak pelantikan tersebut, mereka mengatakan bahwa struktur MPM-U tidak sah. Karena telah terjadi banyak keganjalan selama proses persidangan, seperti adanya Pergantian Antar Waktu (PAW) secara online.

Dalam PAW tersebut seorang anggota DPMU dari FKP di PAW hanya melalui telepon dan langsung disahkan oleh Wakil Rektor III. Bahkan ketua sidang dan salah satu peserta sidang di ancam akan di keluarkan dari ruangan oleh Wakil rektor III jika masih menggugat. Akibatnya sebagian dari anggota MPM menolak hasil sidang karena cacat hukum sebab telah terjadinya kecurangan dalam sidang pemilihan dulunya.

Selain itu, dalam proses pelantikan kemarin banyak kejanggalan-kejanggalan yang terjadi seperti tidak ada pembacaan SK anggota MPM tetapi hanya strukturnya saja, dan tidak adanya serah jabatan dari ketua MPM sebelumnya kepada ketua MPM sekarang.

Eka Risya salah seorang mahasiswi yang menolak proses pelantikan MPM-U menceritakan konologi kejadian kericuhan berawal dari beberapa anggota MPM yang ingin masuk  ke ruang pelantikan, namun ditahan oleh penjaga keamanan dengan menjepit salah seorang anggota MPM  yg bernama Sulastri.  Sulastri dijepit oleh dua orang pihak keamanan.  Karena melihat kawannya dijepit, anggota MPM yang lain mencoba membantu sehingga terjadi aksi dorong pintu kaca, Shingga pintu tersebut pecah dan melukai tangan 3 orang anggota MPM yaitu inas, yulia dan rizki.

Setelah kejadian tersebut semakin banyak jumlah mahasiswa berdatangan ke Gedung Gelanggang Mahasiswa sehingga kericuhan semakin tidak terkendali. Bahkan salah seorang mahasiswi mengalami tamparan saat tengah berdemontrasi. []

Baca Juga:

Wakil Rektor III Lantik Ketua dan Pengurus MPM Unsyiah

Ini Kronologis Pelantikan MPM Unsyiah yang Berakhir Ricuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here