Beranda Siaran Pers UKM Cendekia Unsyiah Ikuti Temu Ilmiah MITI di USU

UKM Cendekia Unsyiah Ikuti Temu Ilmiah MITI di USU

BERBAGI
Peserta temu ilmiah MITI (Dok. Cendekia Unsyiah)

Siaran Pers | DETaK

Peserta temu ilmiah MITI (Dok. Cendekia Unsyiah)
Peserta temu ilmiah MITI (Dok. Cendekia Unsyiah)

Banda Aceh – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cendekia Unsyiah telah mengikuti serangkaian acara yang dirangkum sebagai kegiatan temu ilmiah lembaga/UKM yang bergerak dalam bidang penelitian dan penalaran yang ada di kawasan sumatera bagian utara yang berlangsung  Jumat, 3  April 2015 di Aula Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU).

Acara ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Masyarakat Ilmuwan Teknolog Indonesia Kluster Mahasiswa (MITI-KM) wilayah Sumatera Bagian utara (Sumbagut) pada setiap mitra UKM penelitian dan penalaran yang telah bekerja sama dengan lembaga MITI-KM. Agenda tahun ini menjadikan Provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah penyelenggara temu ilmiah tahun 2015 adalah Smart Generation Community (SGC) Universitas Sumatera Utara (USU). Pada Tahun 2011, Universitas Syiah Kuala pernah menjadi tuan rumah temu ilmiah ini.

IKLAN
loading...


Dalam kegiatan ini, diikuti oleh perwakilan Aceh berasal dari Universitas Syiah Kuala, selain itu acara temu ilmiah yang berlangsung dari tanggal 3 sampai 5 April 2015 juga diikuti oleh perwakilan UKM yang dari universitas lain yang ada di kawasan sumatera bagian utara yaitu Medical Research Center (Universitas Andalas), UR Cendekia (Universitas Riau), Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa (Universitas Negeri Medan), PPIM (Universitas Negeri Padang) dan GEMAIL (Universitas Muslim Nusantara Al-wasliyah).

Acara ini diawali dengan penyambutan seluruh delegasi UKM se-sumbagut pada tanggal 3 April 2015. Dalam penyambutan ini, seluruh anggota delegasi juga diminta untuk mempekenalkan diri serta lembaga yang diwakili masing-masing delegasi. Di hari kedua, acara dilanjutkan dengan Seminar Akselerasi Ekonomi Indonesia untuk Mempersiapkan Diri dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Narasumber dalam acara seminar ini adalah Dr. H. Riadi Akhir Lubis, M.Si. (Staf ahli Gubernur Sumatera Utara bidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan), Dr. Eri Haryanto (Anggota MITI) dan Dr. Khairia Amalia (Dosen bidang Akademik USU). Seminar ini dirasa sangat penting untuk lebih mempersiapkan generasi muda Indonesia terutama di kawasan sumbagut untuk terus

Tujuan dari training kelembagaan ini adalah untuk lebih membina UKM penelitian dan Penalaran yang ada di kawasan Sumbagut agar semaksimal mungkin mampu menumbuhkan iklim keilmuan di masing-masing universitas asal delegasi.[]

Editor: Riska Iwantoni