Beranda Siaran Pers Tausiah dan Berbagi Bersama Ash-Shihah dalam Menyambut Maulid Nabi 1443 H

Tausiah dan Berbagi Bersama Ash-Shihah dalam Menyambut Maulid Nabi 1443 H

BERBAGI
Pembagian nasi kenduri Maulid Nabi Muhammad 1443 H oleh mahasiswa FKep USK (Dok. Panitia)

Siaran Pers | DETaK

Darussalam- Lembaga Dakwah Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Syiah Kuala (USK) menyelenggarakan kegiatan “Tausiah dan Berbagi Bersama Ash Shihah dalam Menyambut Maulid Nabi 1443 H” pada Rabu, 20 Oktoer 2021. Kegiatan ini mengusung tema “Kekasih Pilihan, Sang Pembawa Risalah Allah SWT”.

Tausiah dan berbagi bersama Ash-Shihah ini adalah salah satu bentuk rasa syukur mahasiswa FKep USK dalam menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap sesama manusia dengan cara berbagi, terkhususnya bagi fakir miskin, menumbuhkan kecintaan pada Nabi Muhammad SAW, dan meningkatkan motivasi untuk mengenang kembali perjuangan beliau untuk dijadikan teladan, serta meningkatkan kemampuan mengembangkan diri secara emosional dan spiritual.

IKLAN
loading...


Rangkaian kegiatan berlangsung selama 2 hari. Kegiatan ini diawali dengan open donasi nasi maulid dan dilanjutkan dengan pembagian nasi kotak kepada fakir miskin di sekitaran Darussalam dan Gampong Jawa, Banda Aceh pada Selasa, 19 Oktober 2021 bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1443 H. Pada tanggal 20 Oktober 2021 dilanjutkan dengan acara tausiah secara virtual yang disampaikan oleh Ustadz Khairul Rafiqi, dan dipandu oleh Ja’far Abdul Ghoffar.

Dalam rangkaian acara pembukaan oleh Ketua Panitia, Kabir, menyampaikan bahwa sebanyak 77 kotak nasi telah dibagikan kepada fakir miskin di sekitaran Darussalam dan Gampong Jawa, Banda Aceh. Ia juga mengatakan peserta yang mendaftar untuk mengikuti acara tausiah virtual sebanyak 165 orang.

Dalam kata sambutannya, Sri Intan Rahayuningsih, selaku Wakil Dekan III Fakultas Keperawatan, mengatakan bahwa dengan acara peringatan maulid seperti ini kita dapat berlatih untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama umat Muslim lainnya. Beliau juga menambahkan, melalui momentum Maulid Nabi harapannya dapat membangkitkan semangat untuk mempelajari kehidupan Rasulullah SAW terutama akhlakul karimah sehingga dapat dijadikan contoh untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan pemutaran video pembagian nasi kotak, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian tausiaah oleh Ustadz Khairul Rafiqi. Beliau mengatakan bahwa yang perlu kita teladani dari Rasulullah SAW adalah akhlaknya, sebagaimana Allah SWT pun memuji akhlak Rasulullah SAW dalam surat Al-Qalam ayat (4), yang artinya:

Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar memiliki akhlak yang agung. Itulah tujuan Rasul diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Orang yang paling dicintai Rasulullah SAW dan paling dekat kedudukannya dengan Rasul di hari kiamat adalah ahsanukum khuluqoo, yaitu orang yang paling baik akhlaknya. Oleh karena itu berlomba-lombalah dalam akhlak yang baik,” ujar Khairul.

Khairul juga menyampaikan bahwa Rasulullah SAW berpesan untuk menebarkan salam, memberi makan kepada orang-orang, menyambung tali silaturahim, dan melakukan salat malam ketika banyak orang terlelap.

Di akhir pemaparannya, Khairul mengatakan inti dari peringatan maulid ini adalah bagaimana kita meneladani kepribadian Rasulullah SAW khususnya akhlak Rasul Rahmatan Lil ‘Alamin, sehingga kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain. []

Editor: Teuku Muhammad Ridha