Beranda Siaran Pers Siswa SMA dan MA di Seluruh Aceh Siap Ikuti UNBK

Siswa SMA dan MA di Seluruh Aceh Siap Ikuti UNBK

BERBAGI
(Dok. Panitia)

Siaran Pers | DETaK

Banda Aceh– Sebanyak 57.947 siswa SMA dan Madrasah Aliyah (MA) yang tersebar di 758 Satuan Pendidikan di Aceh, siap untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dimulai pada Senin, 1 April 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Syaridin, pada Minggu 31 Maret 2019. Dikatakan, pelaksanaan UNBK SMA dan MA akan berlangsung pada 1, 2, 4 dan 8 April 2019, dipastikan sudah dilakukan berbagai persiapan dan siap untuk dilaksanakan.

Untuk suksesnya pelaksanaan dan sukses hasil pada Ujian Nasional (UN), Dinas Pendidikan Aceh juga sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti unsur Kepolisian, Telkom, PLN serta Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh (Diskominsa).

“Untuk pelaksanaan UNBK SMA dan MA sudah siap digelar 100 persen. Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak di Aceh, termasuk instansi terkait,” ujar Kadisdik Aceh.

Menurutnya, para instansi terkait di Aceh seperti PLN maupun Telkom siap memberikan pelayanan maksimal untuk suksesnya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Sehingga peserta didik yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Aceh dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Kadisdik menilai, ada beberapa hal yang harus sukses pelaksanaan UNBK Tahun 2019, yaitu sukses pelaksanaannya yang meliputi terlaksananya UN dengan baik dan kredibilitasnya meningkat, serta sukses hasilnya.

“Di mana perolehan nilai harus mencapai standar yang diharapkan,” katanya lagi.

Ia menambahkan, pentingnya motivasi orang tua kepada anaknya yang sedang mengikuti UNBK dan dapat memberikan ketenangan hati agar anak tersebut bisa fokus 100 persen mengikuti UNBK. Begitu juga kepada anak yang mengikuti UNBK untuk tetap tenang dan tidak gegabah dalam menjawab soal UNBK yang ada di depan komputer.

“Selain itu juga siswa dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjawab soal dan jangan terburu-buru. Sebelum ke luar dari ruang UNBK, periksa kembali nama dan nomor ujian, apa sudah ditulis dengan benar atau belum, selanjutnya jawaban yang dijawab, apakah sudah tepat atau belum,” tambahnya.

Kepala Bidang SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh yang juga sebagai Ketua UN Aceh, Zulkifli mengatakan, kesuksesan pelaksanaan UNBK tahun ini, sangat dipengaruhi suplai listrik dari PLN dan internet dari Telkom. Selanjutnya pengawasan dari pihak orang tua, aparat keamanan dan sekolah.

Ia menyebutkan, mata pelajaran yang di UN-kan yang berbasis komputer meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Mata Uji Pilihan (Sesuai Jurusan). []

Editor: Herry Anugerah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here