Beranda Siaran Pers Lima Mahasiswa USK Berhasil Temukan Obat Luka Bakar dari Bunga Seulanga

Lima Mahasiswa USK Berhasil Temukan Obat Luka Bakar dari Bunga Seulanga

BERBAGI
(Dok. Panitia)

Siaran Pers | DETaK

Banda Aceh –
Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Research (PKM-RE), tim yang terdiri dari mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) telah berhasil menemukan terobosan baru berupa obat luka bakar dari bunga seulanga/kenanga.

Tim yang beranggotakan Teuku Fasya, Khairun, Putri Balqis, Shoffiya dan Azzahra (Fakultas Kedokteran) serta dibimbing langsung oleh Fauzul Husna menemukan bahwa ekstrak bunga seulanga memiliki banyak kegunaan contohnya sebagai antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, antidiabetes, antifertilitas dan antimelanogenesis.

Ketua Tim PKM-RE USK, Teuku Fasya Maulana mengatakan jika penelitian ini baru pertama kali dilakukan dan melalui uji fitokimia berhasil membuktikan pada ekstrak bunga seulanga mengandung senyawa alkaloid, saponin, flavonoid, triterpenoid, dan tannin yang ampuh untuk luka bakar.

“Penelitian yang bergerak dari penelitian dasar dapat menjadi bukti ilmiah yang semakin mendukung penggunaan obat yang berasal dari tumbuhan sehingga dapat mengatasi permasalahan mahalnya obat dan sulitnya mendapatkan obat terutama pada masyarakat yang tinggal jauh dari fasilitas kesehatan. Juga, bunga seulanga sangat mudah untuk ditemukan serta bisa tumbuh kapan pun,” ujar Fasya pada Minggu, 12 September 2021.

Penelitian sudah dimulai dari bulan Juni dan mendapatkan hasil serta bisa dikatakan selesai di bulan Agustus. Penelitian dimulai dari pencarian bunga hingga perlakuan langsung pada hewan uji coba.

“Kami menggunakan 21 ekor tikus putih yang telah diberi sedikit luka bakar sebagai hewan coba dan mengoleskan salep ekstrak seulanga selama 7 hari,” jelas Fasya.

Selain masih tahap penilaian dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), rencananya penemuan ini akan diikutsertakan pada perlombaan inovasi internasional seperti ITEX 2021 di Kuala Lumpur, Malaysia yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021 mendatang.

Bunga seulanga bisa dengan mudah ditemukan di Aceh dan memiliki efek samping yang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini telah berhasil untuk mengetahui efektivitas kandungan antiinflamasi pada bunga seulanga dengan metode konvensional terhadap luka bakar.[]

Editor: Indah Latifa