Beranda Siaran Pers Kemuliaan dan Keistimewaan Hijab Jadi Topik Seminar Kemuslimahan Nasional

Kemuliaan dan Keistimewaan Hijab Jadi Topik Seminar Kemuslimahan Nasional

BERBAGI
(Dok. Panitia)

Siaran Pers | DETaK

Banda Aceh– Kolaborasi lima lembaga dakwah Universitas Syiah Kuala (USK) menyelenggarakan acara Seminar Kemuslimahan yang mengusung tema “The Miracle Of Hijab Muslimah”. Seminar ini merupakan salah satu program kerja unggulan dari Lembaga Dakwah Ash-Shihah Fakultas Keperawatan USK, Al-Mudarris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USK, Al-Ahkam Fakultas Hukum USK, An-Nahl Fakultas Kedokteran Hewan USK dan Al-Mizan Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK. Kegiatan yang rutin diilakukan setiap tahunnya ini dilaksanakan pada Minggu, 05 September 2021 melalui Zoom Meeting.

Tujuan dari pelaksanaan acara ini yaitu memberikan wawasan keislaman seputar keajaiban, kemuliaan, dan keistimewaan hijab bagi muslimah serta isu yang mewarnai gerakan hijab international. kegiatan ini juga dapat menjadi sarana bagi para muslimah untuk mengkaji Islam, menjadi sarana syiar dan dakwah Islam bagi para muslimah, serta menjadi wadah silahturahmi antar muslimah di Indonesia.

IKLAN
loading...


Dalam kata sambutan, Sri Intan Rahayuningsih selaku Wakil Dekan III Fakultas Keperawatan USK mengatakan bahwa Seminar Kemuslimahan ini merupakan program yang penting dan perlu diikuiti oleh seluruh wanita muslimah.

“Dengan adanya kegiatan Seminar Kemuslimahan ini para peserta akan lebih waspada terhadap apa yang terjadi di masa sekarang, dan dapat lebih dapat membentengi diri dengan keimanan dan kemuslimahan serta tetap tegar untuk berjuang pada agama Allah SWT,” harapnya.

Materi Seminar Kemuslimahan disampaikan oleh dua pemateri. Materi pertama disampaikan oleh  Siti Fatimah dan pemateri kedua disampaikan oleh Nabila Hayatina.

Peserta yang mengikuti rangkaian acara Seminar Kemuslimahan ini berasal dari berbagai provinsi yakni, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jawa Barat, dan beberapa provinsi lainnya.

Dari kedua pemateri diambil pembelajaran yaitu krisisnya identitas muslimah sekarang ini yang sedang melanda umat Islam. Hal ini dapat dilihat dari tata pergaulan sikap dan tingkah laku muslimahnya. Ini akan menjadi pertanda bahwa muslimah semakin jauh dari panduan ilahi (Al-Qur’an dan Al-Sunnah).

Solusi yang tepat untuk masalah ini adalah kembali belajar tentang Islam dari mengkaji Al-Qur’an dan hadist, mempelajari shirah nabawiyah dan berkumpul dengan orang shalihah. Acara ditutup dengan berbagai  pertanyaan dari peserta. []

Editor: Feti Mulia Sukma

BERBAGI