Beranda Siaran Pers Geliat Pameran di Bandar Buku Selama Dua Pekan

Geliat Pameran di Bandar Buku Selama Dua Pekan

BERBAGI

Rilis Pers

Banda Aceh  – Akhir pekan ini bakal ada pameran buku di Banda Aceh. Event yang diberi nama Pameran Bandar Buku itu akan digelar di halaman depan Kedai Bandar Buku di Lamnyong, Banda Aceh, berlangsung selama 15 hari terhitung sejak 26 Mei – 10 Juni 2012.

 

IKLAN
loading...


Pameran Bandar Buku tersebut dimeriahkan oleh 35 penerbit nasional yang tergabung dalam 13 grup penerbit ternama di Yogyakarta seperti LKiS, Galang Press, Diva Press, Jala Sutra, dan lain-lain.

 

Mukhlisuddin Ilyas, Direktur Bandar Publishing sebagai event organizer pameran buku mengatakan, pameran buku kali ini merupakan yang pertama dan rencananya akan digelar secara berkelanjutan ke depan dua kali dalam setahun.

 

“Pameran Bandar Buku ini yang adalah yang pertama kita adakan dan kami Bandar Publishing sudah komit untuk terus melanjutkan program ini dua kali dalam setahun yakni pertengahan tahun dan akhir tahun,” sebutnya.

 

Dia menambahkan, Pameran Bandar Buku juga akan diadakan secara road show di beberapa tempat. Tapi untuk sementara waktu, sebutnya, yang telah memboking adalah Kampus Al Muslim Peusangan Bireuen untuk diadakan pemaren buku di sana.

 

“Untuk sementara ini baru ada Kampus Al Muslim yang telah meminta untuk diadakan pameran buku di kompleks kampus tersebut pada 18-24 Juni 2012. Dan kita siap menerima request dari kampus-kampus lainnya di Aceh demi memudahkan kalangan kampus dalam mencari referensi perkuliahan,” ujarnya.

 

Menurutnya, Pameran Bandar Buku sengaja diadakan dalam limit waktu yang lumayan lama yakni 15 hari agar masyarakat pembaca bisa leluasa dan tidak terburu-buru dalam mencari bahan bacaannya.

 

“Selama Pameran Bandar Buku di Lamnyong berlangsung juga akan ada kegiatan pelatihan menulis untuk umum bersama mentor dan penulis buku Aceh Pungo yakni Taufik Al Mubarak,” jelasnya.

 

Selain itu, sebutnya, juga bakal diadakan lomba menulis di blog dan kuis berhadiah serta doorprize menarik dari Bandar Publishing sebegai penyelenggara pameran buku. Dijadwalkan juga Bandar bakal memfasilitasi pertemuan sejumlah penulis di Aceh sebagai ajang silaturrahmi dan tamu ramah antar sesama penulis.

 

“Salah buku karya putra Aceh yang baru terbir juga bakal diluncurkan dan dibedah nantinya selama pameran berlangsung. Buku baru itu karya Baharuddin AR dengan judul Aceh antara Cinta dan Keangkuhan,” ungkapnya.

 

Disinggung soal harga, Mukhlis menyebutkan, Pameran Bandar Buku menyediakan harga diskon hingga 50 persen. “Namun sebenarnya bukan soal persennya yang kami utamakan, tapi buku-buku tersebut harus dijual dengan harga murah agar publik tidak terbebani untuk mendapatkannya.”

 

Untuk itu, tambah Mukhlis, dalam pameran yang diselenggarakan oleh Bandar Publishing itu buku-buku yang dijual umumnya mulai harga Rp 8.000 per eksemplarnya. “Jadi yang kami utamakan itu buku-buku tersebut dijual dengan harga miring alias murah meriah,” jelasnya.

 

Namun demikian, menurut Mukhlis, bukan berarti buku yang disediakan dalam pameran nantinya adalah buku-buku tidak bermutu. “Konsep utama kami adalah bagaimana masyarakat bisa mudah dan murah dalam mendapatkan buku dan buku yang didapatkan itu harus berkualitas,” sebutnya.

 

Pada Pemeran Bandar Buku ini, menurut penyelenggara sengaja diadakan dalam rangka program “Book Goes To Campus” yang diharapkan dapat memudahkan calon mahasiswa baru khususnya dan masyarakat kampus pada umumnya dalam mencari buku-buku sebagai bahan bacaannya.

 

“Secara umum, tujuan utama diadakan pameran buku ini adalah untuk memfasilitasi masyarakat Aceh agar mudah untuk mendapatkan bahan bacaan, juga murah. Itu saja,” pungkasnya.[]