Beranda Siaran Pers Gelar Seminar Lingkungan, Unsyiah Hadirkan Tiga Menteri

Gelar Seminar Lingkungan, Unsyiah Hadirkan Tiga Menteri

BERBAGI

Siaran Pers | DETaK

logo uskDarussalam – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) akan menghadirkan tiga menteri  sekaligus sebagai pemateri dalam seminar nasional tentang lingkungan hidup, yang akan digelar pada Kamis, 12 Maret 2015.

Ketiga menteri kabinet RI tersebut adalah Menteri Ristek dan Dikti, Prof. Dr. Muhammad Natsir, M.Sc, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya, serta Menteri Agraria/PPN/Tata Ruang, Drs. Ferry Mursidan Baldan, MM. Selain ketiga pemateri tersebut, pemateri keempat dalam seminar ini adalah Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah.

IKLAN
loading...


Seminar yang direncanakan berlangsung sehari penuh ini bertema Pengelolaan Sumber daya Alam, Kehutanan dan Lingkungan Hidup di Provinsi Aceh. Tema ini diangkat mengingat pentingnya perhatian semua pihak terhadap kelestarian lingkungan hidup, serta semakin meningkatnya pengeksplorasian sumber daya alam yang tidak ramah terhadap lingkungan.

Semua pemateri yang hadir akan membawa topik tentang lingkungan yang terhubung dengan kompetensinya masing-masing. Menristek Dikti akan berbicara tentang Peranan Akademisi dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berwawasan Lingkungan, dan Menteri Lingkungan Hidup akan membawa materi tentang Strategi Pencegahan Pencemaran Lingkungan dan Kerusakan Hutan di Provinsi Aceh.

“Seminar yang akan digelar di Gedung AAC Dayan Dawood ini, diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, Unsyiah. Pusat penelitian yang berada langsung di bawah lembaga penelitian Unsyiah ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. M. Husin Ismayanda, BE, M.Sc. Lembaga ini selama ini aktif bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam hal pengkajian berbagai hal yang terhubung dengan pelestarian lingkungan hidup di Provinsi Aceh. Lembaga ini juga akan menggandeng lembaga yang serupa di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Andalas Padang untuk memperkuat kapasitas penelitian di bidang lingkungan hidup,” kata Kepala Humas Unsyiah, Ilham Maulana.

Prof. Husin Ismayanda, yang juga sebagai ketua panitia seinar iini, berharap bahwa seminar yang digelar kali ini mampu memberi pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya pertimbangan kelestarian lingkungan dalam berbagai bentuk program dan kegiatan.

“Oleh karena itu, kami mengundang para akademisi, mahasiswa, politisi, pengusaha, pihak industri, LSM, Pemda, dan siapa saja yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, untuk menghadiri seminar ini,” kata Husin.[]

Editor: Riska Iwantoni