Beranda Siaran Pers Dinas Pendidikan Aceh Latih Puluhan Kepsek Unggulan

Dinas Pendidikan Aceh Latih Puluhan Kepsek Unggulan

BERBAGI
Nailul Authar

Siaran Pers | DETaK

Nailul Authar
Nailul Authar, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Aceh. (Dok. Disdik Aceh)

Banda Aceh – Untuk memantapkan bekal teori dan pengalaman, Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, adakan pelatihan untuk Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) unggulan yang diikuti 30 orang Kepsek. Pelatihan tersebut berlangsung di Hotel Diana, kawasan Kuta Alam, Banda Aceh, sejak 7 sampai 11 September 2014.

Kepala Disdik Aceh, Anas M. Adam, melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Aceh, Nailul Authar,  melalui siaran pers kepada detak-unsyiah.com mengatakan, pelatihan manajemen Kepsek  dilaksanakan dalam upaya meningkatkan bekal teori dan pengalaman kepada Kepsek atau calon Kepsek untuk memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal, konprehensif dan visioner serta berakhlak mulia.

IKLAN
loading...


“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan kepala sekolah yang mempunyai kredibilitas tinggi dalam menjalankan kepemimpinannya yang utuh mengelola sekolah sebagai wadah pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia sesuai tuntutan pembangunan Indonesia,” ujar Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Aceh ini.

Dikatakannya, dengan kompetensi kewirausahaan, dan kepemimpinan yang visioner, mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang berguna bagi pengembangan sekolah, bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif, inovatif serta memiliki motivasi yang kuat.

“Supaya sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin satuan pendidikan, pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang muncul di sekolah serta memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola produksi atau jasa sekolah sebagai sumber belajar,” katanya menjelaskan.

Ia menambahkan, ada beberapa materi pelatihan manajemen kepala SMA/SMK dalam proses belajar mengajar, kepemimpinan kepala sekolah, manajemen kewirausahaan dan Rencana Kerja Sekolah (RKS).

“Dalam pelatihan ini, kita turut menghadirkan narasumber  dari Disdik Aceh, pengawas sekolah, widyaiswara dan Unsyiah,” tambahnya.[]

Editor: Riska Iwantoni