Beranda Headline Unik, Aktivis Linux Aceh Gelar Pelatihan Sambil Camping

Unik, Aktivis Linux Aceh Gelar Pelatihan Sambil Camping

BERBAGI
Peserta berfoto bersama (foto: istimewa)

Siaran Pers | DETaK

Peserta berfoto bersama (foto: istimewa)

Darussalam – Aceh Linux Activist (KPLI-Aceh) mengadakan pelatihan penggunaan sistem operasi Linux. Acara terbilang unik karena dikemas dalam bentuk camping bersama 40 peserta di Yayasan Lamjabat, Ujong Pancu, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, dari Sabtu (1/12/2012) sampai Minggu (2/12/2012) kemarin.

Zubaidi, ketua panitia pelatihan ini dalam rilisnya kepada DETAK menyebutkan acara ini rutin dilaksanakan sejak tahun 2011 lalu. Selain pelatihan, kegiatan juga dimaksudkan untuk merekrut anggota KPLI-Aceh.

IKLAN
loading...


Zubaidi menjelaskan, materi kegiatan ini antara lain pengenalan Linux dan open source, instalasi Linux, pengenalan pemrograman di Linux, pengenalan jaringan, seminar tentang peran pemerintah dalam mendukung perkembangan komunitas IT Aceh, demo membuat game dan animasi, serta belajar membuat remastering Linux. Semua materi tersebut diisi oleh pemateri yang diundang oleh pihak pantia, yaitu pemateri dari Pengguna Linux Takengon (PELITA), IBTAceh, Blender Army Regional Aceh, dan dari kalangan pemerintahan untuk mendukung pemerintah dalam perkembangan IT Aceh.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkain kegiatan Indonesia Linux Conference (ILC) 2013 di Aceh nanti. “Diharapkan kegiatan LinuxCamp 2 ini bisa menjadi cikal bakal untuk melahirkan SDM mampu menguasai sistem operasi Linux dan mengenal tentang IT yang berbasis open source.”

Seluruh peserta yang sudah mengikuti kegiatan LinuxCamp 2 ini secara resmi dinyatakan telah bergabung menjadi keluarga besar KPLI-Aceh dan juga akan dilibatkan kedalam ke 12 agenda kagiatan lainnya.

Selain LinuxCamp 2 ini, ada 12 rangkain kegiatan yang akan diselenggarakan dalam ILC 2013 nanti itu yakni:

1)    Linux Camp2

2)    Linux Go To School

3)    Linux Go To Dayah/pesantren

4)    Workshop dan lomba Blog Se-Aceh

5)    Seminar E-Government

6)    Seminar Security dan Audit Security

7)    Release Party All Distro Linux

8)    Install Festival

9)    Lomba Game berbasis Open Source Software

10)  Pameran Produk IT Aceh

11)  Linux Go To Campus

12)  Workshop dan Lomba design dengan Open Source Software (OSS)

13)  KPLI Meeting. []