Beranda Headline Taiwan Higher Education

Taiwan Higher Education

BERBAGI

Ribuan lebih pengunjung sangat antusias terhadap digelarnya Pameran Pendidikan Tinggi Taiwan atau disebut Taiwan Higher Education (THE) Fair 2010, di Banda Aceh. Kegiatan tersebut merupakan yang perdana diselenggarakan oleh Taiwan di Indonesia dan menobatkan Aceh sebagai tuan rumah pertama yakni dipusatkan di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah Darussalam Banda Aceh, dengan melibatkan sebanyak 38 Universitas dari Taiwan.

Ketua Panitia Pameran, Dr Hizir Sofyan, mengatakan, penyelenggaraan pameran itu dilakukan secara terbuka, terutama bagi kalangan eks siswa ditanoh rencong yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan disejumlah Perguruan Tinggi di Taiwan, mulai dari Strata-1, Pascasarjana (S2), hingga program Megister (S3).

“Pameran ini bertujuan untuk menjaring lebih banyak lagi pelajar asal Indonesia termasuk dari Provinsi Aceh, yang terkenal unggul dibanding pelajar asal negara lain di Taiwan.Sehingga, event ini menjadi kesempatan emas bagi rakyat Aceh dalam melanjutkan pendidikannya kenegara itu,” ujar Hizir, Sabtu (09/10/2010) kepada wartawan, usai acara opening ceremony yang dari Pemerintah Aceh dilakukan Sekda Aceh, Husni Bahri, TOB.

Dijelaskan Hizir, untuk di Aceh selaku tuan rumah pameran tersebut yaitu Pemerintah Aceh, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), dan KBA. Sedangkan dari pihak Taiwan, kegiatan itu diorganisir oleh Elite Study in Taiwan (ESIT).

“Selama pameran berlangsung, pengunjung diperbolehkan bertanya atau berkonsultasi secara detail seputar keunggulan dan kemudahan berkuliah di Taiwan,” terang Hizir yang juga Sekretaris Komisi Beasiswa Aceh.

Bahkan, sambung dia lagi, setiap stand pameran juga dilengkapi dengan petugas jaga dan penerjemah, serta disediakan pula layanan informasi tentang beasiswa mulai dari Pemerintah Taiwan, pihak PTN dan PTS di Taiwan, serta beasiswa yang disediakan Pemerintah Aceh melalui KBA.

“Karena, sejak adanya beasiswa penuh yang disediakan Pemerintah Aceh, sudah sekitar delapan puluhan orang lebih putra-putri Aceh, sedang melanjutkan studi di Taiwan, maupun di China,” sambung dia menyebutkan.

Sementara, Sekda Aceh, Husni Bahri, TOB, Pembantu Rektor (PR) I Unsyiah, Samsul Rizal, Wakil Ketua KBA, Idris Ibrahim, Kepala Inspektorat Aceh, Syarifuddin Z, SH, MH, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Taiwan, yang telah melaksanakan pameran pendidikan tinggi di Aceh.

Sebagaimana diketahui, pameran pendidikan Taiwan dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh yaitu pada 9 Oktober 2010, Universitas Trisakti Jakarta pada 11 Oktober 2010 dan Universitas Gajah Mada pada 13 Oktober 2010.

Sumber : www.Korandigital.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here