Beranda Headline Sosialisasi SNMPTN ke Dinas Pendidikan dan Sekolah

Sosialisasi SNMPTN ke Dinas Pendidikan dan Sekolah

BERBAGI

Al-Mukarramah| DETaK

Foto: Ist
Foto: Ist

Banda Aceh- Sosialisasi SNMPTN telah dilakukan ke beberapa Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Aceh. Sosialisasi untuk Provinsi Aceh  dibagi menjadi dua rayon, yakni sosialisasi dilakukan oleh Universitas Syiah Kuala dan Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. “Hal ini agar sosialisasi merata,” kata Darussman, Pembantu Rektor IV Unsyiah, Kamis (10/1/2013).

Ia mengatakan, jika kepala sekolah tidak mengisi Pangkalan Dasar Sekolah dan Siswa (PDSS)  maka siswa dari sekolah tersebut tidak bisa mengikuti jalur SNMPTN. “Jadi kepala sekolah itu yang kita wanti-wanti. Jangan karena kepala sekolah, adik-adik kita, anak-anak kita tidak bisa ikut undangan,” ujarnya lagi.

IKLAN
loading...


Dengan sistem pengisian PDSS ini, sekolah tidak bisa melakukan manipulasi terhadap rapor siswa karena data didaftarkan secara berkala setiap akhir semester berdasarkan kelas yang diduduki siswa. Pengisian PDSS telah berlangsung dari 17 Desember 2012 sampai 8 Febuari 2013 mendatang.

Syarat dan Ketentuan Mengikuti SNMPTN

Untuk menjadi peserta jalur SNMPTN, sekolah dan siswa pelamar harus memenuhi syarat yang ditelah ditentukan. Sekolah yang berhak mengikutkan siswanya dijalur SNMPTN, SMA/SMK/MA/MAK/sederajat. Telah mengisi PDSS dan terdaftar sebagi peserta UN 2013.

Persyaratan siswa pelamar pendaftaran SNMPTN, yakni siswa SMA/SMK/MA/MAK/sederajat kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS, memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah, memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester.

Penerimaan setelah ulus dari ujian nasional dan satuan pendidikan, lulus SNMPTN 2013, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Bagi siswa yang ingin masuk jurusan seni dan olahraga harus melampirkan portofolio kemampuannya di bidang yang diminati. “Kalau olahraga seperti berlari 100 meter, kalau seni seperti menari, memainkan alat musik,” jelas PR IV Unsyiah.

Untuk melakukan pendaftaran siswa menggunakan password yang diberikan oleh kepala sekolah masing-masing.

Pendaftaran dibuka 1 Febuari sampai 8 Maret 2013, untuk melakukan verifikasi nilai rapor yang telah diisikan oleh kepala sekolah agar tidak terjadi kesalahan. Jika masa verifikasi telah habis, maka tidak dapat lagi dilakukan perubahan data.

Proses seleksi dilakukan 9 sampai 27 Maret 2013, hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013, dan pendaftaran ulang bagi yang lulus seleksi pada tanggal 11 sampai 12 Juni 2013.[]