Beranda Headline SNMPTN 2018, 1.704 Siswa Dinyatakan Lulus di Unsyiah

SNMPTN 2018, 1.704 Siswa Dinyatakan Lulus di Unsyiah

BERBAGI
(Foto: Ist)
loading...

Muktariza | DETaK

Darussalam– Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 telah diikuti oleh ribuan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat di seluruh Indonesia. Proses pengumpulan data dilakukan sejak 11 April 2018.

Hasil seleksi tersebut diumumkan pada Selasa, 17 April 2018 pukul 17.00 WIB. Saat seleksi, calon mahasiswa yang memilih Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sebanyak 15.902 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.704 orang dinyatakan lulus seleksi melalui jalur SNMPTN.

IKLAN
loading...


Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Unsyiah,  Husni Friady, mengatakan bahwa dari jumlah calon mahasiswa yang lulus seleksi, sebanyak 1.056 orang memilih bidang Sains dan Teknologi (Saintek), dan sebanyak 648 orang memilih bidang Sosial dan Humaniora (Soshum).

Husni Friady juga menambahkan, fakultas yang paling diminati di jalur SNMPTN yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Di  FMIPA, calon mahasiswa paling banyak memilih program studi (Prodi) Farmasi.

Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, kata Husni, diharapkan untuk mengikuti tahapan proses selanjutnya, yaitu tahap penyerahan rapor asli dan sertifikat asli. Berkas itu sesuai dengan yang sebelumnya telah dilampirkan saat proses pendaftaran SNMPTN dan Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Tahap pengumpulan berkas dilakukan mulai 19-21 April, pukul 08.00-16.30 WIB di gedung Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT. TIK) Unsyiah-Taiwan lantai 1.

“Dokumen-dokumen yang telah diserahkan nantinya akan diverifikasi kembali oleh panitia SNMPTN Unsyiah pada 21 dan 23 April 2018. Untuk memastikan bahwa data pada dokumen tersebut valid dengan hasil verifikasi dari proses pengisian SNMPTN. Untuk hasil sendiri akan diumumkan pada  24 April 2018,” kata Husni kepada tim www.detak-unsyiah.com.

Husni juga menambahkan bahwa pada tahun ini,  jumlah  penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN bertambah dari tahun yang lalu. Namun, beberapa faktor menjadi alasan terkait bertambah atau berkurangnya jumlah peserta yang memilih Unsyiah.

“Tergantung sekolah yang  mendaftarkan siswanya menjadi calon mahasiswa  perguruan tinggi negeri (PTN), karena SNMPTN didaftarkan melalui sistem PDSS yang dilakukan oleh pihak sekolah masing-masing,” ucapnya.

Setelah proses penyerahan berkas asli, seperti rapor dan sertifikat oleh calon mahasiswa untuk  diverifikasi, maka akan diseleksi dan dinyatakan lulus pada 24 April 2018.[]

Editor: Herry Anugerah