Beranda Headline SBMPTN 2015, di Unsyiah Baru 12.279 Pendaftar

SBMPTN 2015, di Unsyiah Baru 12.279 Pendaftar

BERBAGI
Tugu Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. (Riska Iwantoni/DETaK

Siaran Pers | DETaK

Tugu Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. (Riska Iwantoni/DETaK
Tugu Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. (Riska Iwantoni/DETaK

Darussalam – Dua hari menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2015 di Panitia Lokal Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) hingga Selasa, 25 Mei 2015 baru mencapai 12.279 orang.

Pendaftaran masih dibuka hingga dua hari kedepan (Jumat, 29/5). Diantara jumlah tersebut, jumlah pemilih campuran (IPC) lebih mendominasi, diikuti oleh pemilih Saintek (IPA) dan Soshum (IPS). Meskipun demikian, belum semua dari jumlah tersebut telah melakukan pencetakan kartu ujian. Status para pendaftar baru menjadi peserta setelah berhasil melakukan pencetakan kartu ujian mereka.

IKLAN
loading...


Tahun lalu, sebanyak 14.620 siswa lulusan SMA/MA/SMK mendaftar di panitia lokal Unsyiah untuk mengikuti SBMPTN. Bagaimanapun jumlah ini belum tentu menunjukkan jumlah total pemilih ke berbagai program studi di Unsyiah.

Jalur SBMPTN ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru menggunakan ujian tulis langsung pada tanggal 9 Juni 2015, dan ujian keterampilan bagi beberapa program studi khusus pada tanggal 10-11 Juni 2015. Melalui jalur SBMPTN ini, Unsyiah akan menerima 30% dari total penerimaan mahasiswa baru tahun 2015.

Beberapa program studi yang menjadi pilihan favorit para peserta yang telah mendaftar sejauh ini adalah Informatika, Farmasi, Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, serta Ilmu Keperawatan. Sementara untuk bidang sosial humaniora (IPS), beberapa program studi yang menjadi pilihan favorit peserta sejauh ini adalah Manajemen, Ilmu Hukum, Akuntansi, Ekonomi Islam, serta Pendidikan Bahasa Inggris.

Sementara itu, empat program studi baru di luar domisili (PDD) Unsyiah, yang lokasi kampusnya di Kabupaten Gayo Lues, yaitu PDD Kehutanan, PDD Manajemen, PDD Agroteknologi, serta PDD Pendidikan Biologi masih minim peminat.

Selain keempat program studi di luar domisili tersebut, beberapa program studi yang berada di kampus Unsyiah Banda Aceh juga masih minim peminat, yaitu seperti Fisika, Kimia, Teknik Geofisika, Matematika, dan Pemanfataan Sumberdaya Perikanan.

Skema penerimaan mahasiswa baru lainnya di Unsyiah adalah jalur Mandiri yang dilakukan bersama dengan beberapa Universitas lainnya di Indonesia. Jalur ini sering juga disebut Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) yang ujian tulisnya akan berlangsung pada tanggl 2 Agustus 2015 nanti. Pendaftaran untuk jalur mandiri ini akan dibuka sejak tanggak 8 Juni 2015. Melalui jalur ini Unsyiah akan menerima 20% dari total penerimaan mahasiswa baru tahun 2015.[]

Editor: Riska Iwantoni