Beranda Headline Samsul Rizal: Kualitas Unsyiah Harus Lebih Baik Tahun Ini

Samsul Rizal: Kualitas Unsyiah Harus Lebih Baik Tahun Ini

BERBAGI

Riza Novita | DETaK

Darussalam – “Kualitas Unsyiah  harus lebih baik tahun ini, terutama kualitas SDM yang kita hasilkan, artinya mahasiswa lulusan Unsyiah hari ini jauh lebih baik dari sebelumnya,” ujar Samsul Rizal, Rektor Unsyiah, kamis (3/1/2013).

Ia juga mengatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas tersebut ada banyak hal yang harus dibenahi di Unsyiah ini, mulai dari memperbaiki infrastuktur , manajemen, sistem pendidikan dan tranparansi kepada mahasiswa hingga pengaturan sistem akademik  agar dapat membuat program – program yang efektif dan efisien. “Dana itu mengikuti akademik bukan akademik mengikuti dana, apa program-program akademik Unsyiah yang benar-benar bermanfaat,” pungkasnya.

IKLAN
loading...


Untuk program  pertama  tahun ini Unsyiah  mulai menggunakan  teknologi paperless dalam proses administrasinya.  Hal ini dilakukan untuk mengurangi  penggunaan kertas dan meciptakan adanya transparansi terhadap surat masuk dan keluar Unsyiah. “Program paperless sudah kita mulai dari kemarin, Rabu (2/1/2013),  semua orang  bisa melihat suratnya sudah sampai mana dan dimana tertahannya, saya  tahu siapa yang tidak memprosesnnya,” ujarnya.

Program lainnya yang akan dilaksanakan pada tahun ini adalah menghidupkan kembali perpustakaan Unsyiah dengan meningkatkan fasilitas di dalamnya. “Mulai tahun ini, saya akan perbaiki pustaka, kita rehap pustaka agar lebih baik, pustaka kita buat menyenangkan, AC sudah mulai dipasang, nanti akan ada ruang seminar, ruang teater. Saya ingin mengajak semua mahasiswa mari ke pustaka, kalau yang dulu lalat saja gak bisa masuk, sekarang  kita buat senyaman mungkin jadi tak ada alasan lagi untuk tidak kepustaka. masak rektor aja yang nyaman, tapi mahasiswa tidak nyaman,” ujarnya.

Kemudian, Ia  mengatakan bahwa dalam tahun ini juga akan dibuat ruang multimedia di Ruang  Kuliah Umum (RKU) untuk menunjang proses belajar mengajar. “Tahun 2013 ini, untuk orang-orang yang kemampuan keuangannya rendah pada jalur undangan tapi dalam bidang akademiknya tinggi di daerah-daerah terpencil akan kita berikan beasisiwa untuk mengakses pendidikan,” sebutnya.

Ia berharap kepada seluruh elemen yang ada di Unsyiah untuk saling membantu terselenggaranya program  demi membangun Unsyiah  menjadi sebuah institusi yang bisa dicontoh oleh masyarakat dengan  potensi  SDM  di segala bidang. “Untuk membuat sebuah perubahan tidak mungkin seorang pimpinan bisa bekerja sendiri, tapi semua Staf Unsyiah, semua dosen Unsyiah harus bersama-sama membangun Unsyiah, mahasiswa juga harus ikut, tanpa keinginan mahasiswa untuk maju, Unsyiah bukanlah apa-apa,” tutupnya.[]