Beranda Headline Pustaka Unsyiah Tambah 6.000 Buku Baru

Pustaka Unsyiah Tambah 6.000 Buku Baru

BERBAGI

Riska Iwantoni [AM] | DETaK

Riska Iwantoni | DETaK

Darussalam – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Unsyiah akan menambah 6.000 koleksi buku baru multi subject. Penambahan koleksi tersebut dilakukan karena banyaknya buku terbitan lama yang jarang dipinjam oleh mahasiswa.

Pustaka Unsyiah terhitung dari tahun 2009 sampai 2013, memiliki koleksi 8.921 jumlah buku, 8.921 judul buku, serta 19.423 eksemplar. “Sementara untuk tahun 2013 Pustaka miliki buku baru dengan dana Rp. 800 Juta dengan koleksi 6.000 eksamplar dengan judul 1.696 buku,” kata Taufiq Abdul Gani, Kepala UPT Perpustakaan Unsyiah, Rabu, 26 Februari 2014.

IKLAN
loading...


“Jumlah buku yang sudah ada di rak pustaka saat ini sudah tertata sekitar 40 persen, sedangkan untuk sisanya masih dalam  proses pengkodean dan akan di lanjutkan bulan Juni 2014 mendatang,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, pembaharuan koleksi tersebut juga bertujuan untuk menyesuaikan data buku yang ada di OPEC komputer dengan buku yang ada di rak.

Sementara itu, buku lama yang tetap dipajang di rak pustaka akan diletakkan di rak paling atas. “Buku-buku lama kita akan disusun di rak paling atas perpustakaan. Jadi istilahnya untuk menambah kesan klasik,” ujar dosen Teknik Elektro tersebut.

Ia juga mengatakan, pihaknya berencana akan merelokasi koleksi lama ke pustaka fakultas. “Fakultas yang merasa perlu buku tersebut, dengan mengajukan surat kepada UPT Perpustakaan Unsyiah oleh Dekan dan Ketua Jurusan(Kajur),” ungkapnya.

Taufiq juga berharap, mahasiswa dapat menjadikan pustaka sebagai tempat pembelajaran, reading space, ramai. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat mengoptimalkan keberadaan pustaka sebagai pusat rujukan, mempergunakan buku-buku yang disediakan baik secara fisik maupun elektronik. []

Editor: Hilda Rahmazani