Beranda Headline HIMASTA Unsyiah Adakan Quick Count Pilkada Aceh 2017

HIMASTA Unsyiah Adakan Quick Count Pilkada Aceh 2017

BERBAGI
Mahasiswa HIMASTA melakukan konferensi pers terkait hasil quick count Pilkada aceh 2017 (16/02/2017) (Athaillah [AM]/DETaK).

Athaillah [AM] | DETaK

Banda Aceh РHimpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) Unsyiah mengadakan konferensi pers mengenai quick count Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh 2017 di Warung Kopi Cut Nun Pango, Banda Aceh, Kamis, 16 Februari 2017.

Konferensi pers ini dihadiri oleh ketua program studi statistika, Saiful Mahdi, dan mahasiswa HIMASTA .

IKLAN
loading...


Jumila selaku ketua pelaksana quick count, menyebutkan tujuan dari kegiatan yang mereka lakukan tersebut  sebagai bahan pembelajaran. Hasil sampel yang dikumpulkan pun didapatkan dari mahasiswa HIMASTA yang berada di daerahnya masing-masing secara sukarela.

“Kegiatan ini sebagai bahan pembelajaran bagi kita, dan juga ingin memberitahu hasil quick count kami kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Saiful Mahdi menyebutkan quick count yang dilakukan adalah hasil dari inisiatif mahasiswa HIMASTA itu sendiri.

“Quick count ini dilakukan tanpa ada campur tangan dosen atau pihak manapun. Ini murni dari mahasiswa secara independen tanpa sponsor dari pihak manapun,” Terang Saiful.

Mengenai keberanian pihak HIMASTA melakukan quick count dan mem-publish-nya, Saiful mengatakan bahwa masyarakat perlu mengetahui informasi dengan cepat melalui lembaga yang independen dan kredibel.

“Masyarakat perlu informasi dengan cepat, informasi yang independen,” ucapnya.

Untuk diketahui, sampel yang diambil dalam quick count ini berasal dari seluruh kabupaten/kota di provinsi Aceh kecuali Aceh tenggara dan Simeuleu dengan jumlah 70 TPS.

Berikut hasil quick count HIMASTA dengan margin of error 3,32%.

Tarmizi Karim – Machsalmina Ali (19,8%)

Zakaria Saman – T. Aladiansyah (6,1%)

Abdullah Puteh – Sayed Mustafa Usab (1,68%)

Zaini Abdullah – Nasaruddin (7,00%)

Muzakkir Manaf – T.A Khalid (22,16%)

Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah (40,53%)

Editor : Fazrina Nabillah