Beranda Headline Donor Darah Tak Buat Gemuk

Donor Darah Tak Buat Gemuk

BERBAGI

Keumala Fadhiela | DETaK

Darussalam-Persepsi Sebagian orang yang ragu mendonor darah karena takut gemuk, dibantah oleh salah satu anggota Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh, Winda. Hal tersebut ia sampaikan saat ditemui detak-unsyiah.com dalam kegiatan donor darah yang diprakarsai Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatek), Kamis (22/3/2013).

Menurut Winda, donor darah itu tidak membuat badan seseorang gemuk, “Hanya saja nafsu makan menjadi bertambah. Sehat itu kan bukan berarti gemuk. Justru darah kita yang menjadi lancar”, jelasnya.

IKLAN
loading...


Sebelum melakukan donor darah, kata Winda, pendonor harus diperiksa darahnya terlebih dahulu seperti pemeriksaan hemoglobin, tekanan darah yang tidak kurang dari 110, dan juga berat badan minimal 45 Kg. “Ini bertujuan untuk memastikan darah yang didonorkan benar-benar baik dan tetap menjaga kesehatan pendonor,” ungkap Winda.

Bakti sosial donor darah yang sudah berlangsung selama 2 hari ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Himatek. “Kami berusaha komit untuk melakukan kegiatan donor darah rutin setiap 3 bulan sekali bersama PMI, hal ini karena kami ingin membantu PMI untuk mencukupi kebutuhan darah di Banda Aceh,” ujar Amzar Arfa, ketua panitia donor darah.

Menurut pengakuan Amzar, jumlah pendonor dihari kedua lebih banyak dibanding pada hari pertama yang hanya 16 orang. “Pendonor lebih didominasi oleh mahasiswa,” sebutnya. Selain mahasiswa, pendonor juga datang dari kalangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan juga dosen.[]