Beranda Headline Diskusi dan Pemutaran Film “Merawat Ingatan : Sang Pejuang HAM”, Refleksi 12...

Diskusi dan Pemutaran Film “Merawat Ingatan : Sang Pejuang HAM”, Refleksi 12 Tahun Kematian Munir

BERBAGI
Diskusi Refleksi 12 TAhun Kematian Munir (Achmad Julio/DETaK)

Achmad Julio| DETaK

Darussalam –  Badan Ekstekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Unsyiah berkerja sama dengan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Aceh mengadakan nonton bareng dan refleksi 12 tahun kematian Munir di halaman parkiran kampus FISIP Unsyiah, Rabu, 07 September 2016.

Kegiatan yang bertemakan “Merawat Ingatan : Sang Pejuang Ham” diskusi menghadirkan Hendra Sahputra selaku ketua Kontras Aceh dan Muspikal Syahputra selaku ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Aceh sebagai pemateri dalam diskusi tersebut. Kegiatan yang dihadiri berbagai elemen mahasiswa dan aktivis Aceh.

IKLAN
loading...


Hendra sendiri mengungkapkan ide dari pembuatan film ini untuk menggugah masyarakat Indonesia khususnya Aceh bahwa kasus seorang Munir sudah 12 tahun belum ada kejelasan dari Pemerintah Indonesia serta menggugah sikap pemuda terhadap keadaan dan perkembangan hukum di Indonesia yang masih lemah khusunya dalam kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

“Hal ini dilatarbelakangi oleh fenomena zaman sekarang, dimana  pemuda – pemuda kita khususnya di Aceh mulai acuh terhadap bobroknya sistem peradilan di Indonesia yang lemah tanpa ada proses hukum yang kuat,” Jelas Hendra.
Herry Ramadhan yang ikut menyaksikan pemutaran film dan diskusi “Merawat Ingatan : Sang Pejuang Ham” ini  juga mengungkapkan kesannya “Begitu melihat dan mengikuti diskusi bahwa menjadi seorang aktivis pejuang HAM di Indonesia tidaklah mudah dan banyak wawasan baru tentang seorang Munir yang memeperjuangkan HAM di Aceh” Kata Herry yang merupakan mahasiswa Teknik Sipil Unsyiah.[]

 

BERBAGI