Beranda Headline Apa Sih Study Objective Itu?

Apa Sih Study Objective Itu?

BERBAGI

Salah satu komponen penting dalam sebuah aplikasi beasiswa adalah study objective. Apa sih study objective?

Program Officer American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) Nurise Widjaya menjelaskan, study objective adalah tulisan mengenai tujuanmu mengajukan aplikasi beasiswa dan program studi yang kamu pilih. “Study objective merupakan bagian terpenting dari pengajuan aplikasi beasiswa,” kata Isye seperti dikutip dari situs Universitas Padjadjaran (Unpad), Jumat (11/2/2011).

Aminef melalui Program beasiswa Fullbright sendiri tiap tahunnya menyediakan lebih dari 300 program beasiswa untuk berbagai jenjang di perguruan tinggi di Amerika Serikat (AS). Program beasiswa ini terdiri dari Program Master, Program Doktor, Program Penelitian, dan program lainnya. Termasuk yang ditawarkan Aminef adalah program beasiswa bagi para mahasiswa semester satu hingga lima yaitu Global Undergraduate Exchange Program.

Isye menjelaskan, biasanya, study objective harus dibuat oleh mereka yang melamar beasiswa untuk jenjang S-2 dan S-3. Pelamar beasiswa S-3 juga diharuskan menulis research proposal.

Banyak aplikasi beasiswa ditolak karena study objective yang diajukan pelamar kurang menarik. Padahal, study objective adalah hal yang pertama dilihat oleh panitia pemberi beasiswa. “Karena itulah, pembuatan study objective perlu dipikirkan secara matang dan sejak jauh-jauh hari,” ujar Isye mengingatkan.

Isye mencontohkan, banyak alumni beasiswa Fullbright membuat study objective sejak mereka berpikir untuk mendaftar program tersebut. Dia menyarankan, untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan dalam pembuatan study objective, kamu bisa mengunjungi situs-situs perguruan tinggi yang menawarkan program studi yang kamu pilih.

“Jika kamu ingin melamar beasiswa Fullbright, kamu juga bisa berkonsultasi kepada alumni beasiswa Fulbright dalam penyusunan study objective. Alumni bisa diminta memberi masukan agar study objective yang kamu buat baik dan menarik,” kata Isye.

sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here